Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Sampi Digital FKH Unud Hijrah ke Badung

HILIRISASI PENELITIAN: Peneliti Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana serahkan program Sampi Digital kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung.

 

BADUNG, Balipolitika.com– Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si serahkan program Komputer Sidewi.id atau Sampi Digital kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Kamis, 20 Oktober 2022 di Puspem Badung.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Badung, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Kepala Bidang di lingkungan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Kepala UPT Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, PPL Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed selaku Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan Ketua Inventor program komputer Sidewi.id, serta Dr. IGNB Trilaksana selaku dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana dan tim program.

Program Sidewi.id adalah sistem pencatatan digital sapi yang memiliki fitur lengkap untuk pencatatan data ternak sapi yang mencakup identitas kepemilikan, perkawinan, data sapi (betina, pejantan, pedet), pertumbuhan (lingkar dada, panjang badan, tinggi pundak, berat badan, BCS), data reproduksi (inseminasi, kawin alam, kebuntingan, kelahiran), dan data kesehatan (vaksinasi).

Sistem digitalisasi yang terintergrasi dengan manajemen pemeliharaan di sentra ternak Sobangan ini dinilai akan menjadikannya sebagai manajemen smart farming.

Hal ini akan memudahkan pendataan ternak untuk menuju ternak tersertifikasi nasional sehingga Sentra Ternak Sobangan dapat dijadikan sebagai centre of execellen sapi bali

Pemaparan latar belakang pengembangan dan roadmap Sistem Informasi Data Elektronik Sapi (Sidewi.id) disampaikan oleh Ketua Inventor Program, Dr. drh. Desak Nyoman Dewi Indira Laksmi, M.Biomed.

“Dengan penerapan sistem Sidewi.id di sentra ternak Sobangan sebagai pilot project, diharapkan sentra ternak Sobangan akan dijadikan percontohan kabupaten lain di Bali untuk penerapan manajemen smart farming,” ucapnya. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!