Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Negarawan AA Gde Agung Salurkan 158 Beasiswa Program Indonesia Pintar di Buleleng

BEASISWA: Anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Anak Agung Gde Agung menyerahkan beasiswa PIP dari pemerintah di SMPN 3 Kubutambahan, Buleleng, Rabu, 13 September 2023.

 

BULELENG, Balipolitika.com- Fokus menjalankan kewajiban sebagai Penglingsir Puri Ageng Mengwi sehingga memutuskan tidak melanjutkan syarat administrasi sebagai Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia dalam kontestasi Pemilu Serentak 2024, anggota Komite III DPD RI Anak Agung Gde Agung tak lantas berhenti berbuat untuk Pulau Dewata Bali.

Teranyar, sang negarawan sejati kelahiran Badung, 25 Mei 1949 yang mengemban amanat sebagai Bupati Badung 2 periode (2005-2015) menyalurkan 158 beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) untuk pelajar jenjang SD, SMA dan SMA/SMK se-Bali.

Total ada 224 usulan di luar beasiswa perguruan tinggi yang masuk padanya. Namun yang lolos seleksi baru dinyatakan 158 orang. Sementara untuk PIP kuliah masih dalam proses.

Penyerahan secara simbolis dilakukan, Rabu, 13 September 2023 di SD Negeri 3 Depeha, SMP Negeri 3 Kubutambahan, dan SMPN 5 Kubutambahan, Kabupaten Buleleng.

Sertifikat PIP diterima langsung pelajar bersangkutan disaksikan kepala sekolah dan guru.

Anak Agung Gde Agung berpesan agar program dari pemerintah era Presiden Jokowi lewat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim itu, dimanfaatkan secara maksimal.

Pendidikan, ungkap Anak Agung Gde Agung sangat menentukan masa dengan bangsa dan negara.

Karenanya, sesuai dengan salah bidangnya di Komite III DPD RI, ia turut menyukseskan semua program yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Saya adalah anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD. Saya murni mewakili daerah (Bali) di Senayan,” kata pria yang juga Panglingsir Puri Ageng Mengwi itu dalam kegiatan bertajuk “Penyerahan Simbolis dan Sapa Peserta Didik; Baktiku untuk Bali”.

Menyongsong Indonesia Emas 2045, Anak Agung Gde Agung meminta tidak ada lagi anak yang putus atau tidak mengenyam pendidikan.

Meskipun dalam keadaan miskin ekstrem sekalipun karena ada banyak celah yang bisa dimanfaatkan, salah satunya beasiswa pemerintah.

“Saya tidak ada motif kampanye, karena saya pensiun di dunia politik. Apa yang saya lakukan, apalagi jauh-jauh dari Mengwi ke Buleleng didorong oleh keinginan murni mengabdi untuk Bali,” pungkasnya.

Kepala SD Negeri 3 Depeha, I Wayan Seridana berterima kasih kepada Anak Agung Gde Agung karena telah memfasilitasi 50 peserta didiknya mendapatkan beasiswa PIP dengan nominal Rp450.000 per peserta didik yang telah masuk ke rekening masing-masing penerima.

“Rata-rata masyarakat kami bertani dengan perekonomian menengah ke bawah. Jadi PIP yang difasilitasi Bapak Gde Agung ini sangat kami rasakan manfaatnya,” kata Seridana.

Senada, Kepala SMP Negeri 3 Kubutambahan Dewa Putu Karma dan Kepala SMPN 5 Kubutambahan Gede Suadnyana mengaku beasiswa PIP sangat membantu meringankan beban orang tua yang rata-rata petani.

Mereka berharap, ke depan kuota PIP lebih ditingkatkan lagi. Selain itu, kedua kepala sekolah berharap wakil Bali di pusat turut memperjuangkan kelengkapan fasilitas serta renovasi sejumlah gedung karena daerah tersebut tergolong tanah labil.

Untuk diketahui PIP Kemendikbudristek 2023 untuk SD, SMP, hingga SMA dan SMK telah cair sejak April 2023 lalu, dikutip melalui Instagram @puslapdik_dikbud.

Jika merujuk pada jadwal pencairan tahun lalu, maka PIP Kemdikbud 2023 yang cair ini merupakan penyaluran untuk tahap 2. Nominal bantuan PIP berbeda-beda bagi setiap jenjang pendidikan.

SD/SDLB/Paket A Rp450 ribu, untuk siswa baru atau siswa kelas akhir mendapatkan bantuan Rp225 ribu.

SMP/SMPLB/Paket B Rp750 ribu, untuk siswa baru atau siswa kelas akhir mendapatkan bantuan Rp375 ribu.

SMA/SMK/SMALB/Paket C Rp1 juta, untuk siswa baru atau siswa kelas akhir mendapatkan bantuan Rp500 ribu. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!