Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

SPORT

Lintasi 12 Desa, Ini Spot Menantang BCA BTR Ultra 2024 

From Runners to Runners

SPOT SURGA: Event akbar BCA BTR Ultra 2024, Jumat hingga Minggu, 10-12 Mei 2024 akan melintasi 12 desa yang ada di Kintamani hingga Gunung Abang dan Bukit Trunyan.Tampak antusiasme peserta dalam perhelatan tahun sebelumnya. (dokumentasi Bali Trail Running)

 

KINTAMANI, Balipolitika.com Event trail run terbesar di Pulau Dewata, BCA BTR Ultra 2024 siap digelar Jumat hingga Minggu, 10-12 Mei 2024. 

Bali Trail Running, yakni sebuah perkumpulan olahraga lari lintas alam (trail run) di Bali selaku pemrakarsa event menyebut sebanyak 1.735 peserta dari 40 negara dijadwalkan mengikuti kegiatan sport tourism ini; terdiri atas 1.416 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 319 Warga Negara Asing (WNA). 

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Para peserta yang berasal dari Indonesia, Australia, Austria, Belarus, Belgium, Brazil, Brunei Darussalam, Canada, Chile, China, Denmark, Mesir, Perancis, French Polynesia, Jerman, Hongkong, Hungaria, India, Irlandia, Italia, Jepang, Kazakhstan, Latvia, Lithuania, Malaysia, Morocco, Belanda, New Zealand, Philipina, Polandia, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Inggris, USA, dan Zambia dipastikan akan menjajal rute menantang di seputaran Kintamani, Batur.

I Putu Agus Darmayuda, Race Director BCA BTR Ultra 2024 menerangkan event yang memasuki tahun kelima penyelenggaraannya ini mengambil lokasi race venue di Batur Natural Hot Spring, Kintamani. 

“Adapun rute-rute yang akan dilalui peserta tersebut akan melintasi 12 desa yang ada di Kintamani, juga tentunya kawasan Geopark Batur, yaitu area iconic black lava, Gunung Batur, area padang pasir culali, hutan pinus Batur, dan khusus untuk kategori 55 km dan 85 km akan melalui Gunung Abang dan Bukit Trunyan,” jelas I Putu Agus Darmayuda.

I Made Budiana selaku Ketua Bali Trail Running menjelaskan BCA BTRU 2024 mengambil tagline “From Runners to Runners”. 

“Bali Trail Running sebagai wadah bagi penggemar olahraga lari lintas alam atau trail run di Bali sangat berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta agar dapat menikmati indahnya berlari di kawasan Kintamani dan dapat menjadikannya momen yang akan selalu dikenang,” tandas I Made Budiana. 

Imbuhnya, kelancaran dan kesuksesan event BCA BTR Ultra 2024 berkat dukungan dari seluruh sponsor, BKSDA Bali, Kelompok Sadar Wisata di Kintamani, seluruh desa di wilayah Kecamatan Kintamani, Pemerintah Kecamatan Kintamani, Pemda Kabupaten Bangli, Pemda Provinsi Bali, Kemenparekraf, Polsek Kintamani, Polres Bangli, Polda Bali, Kodim Bangli, Yonzipur 18/YKR Gianyar, dan seluruh pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu.

Sebagaimana diketahui BCA BTR Ultra 2024 akan melombakan beberapa kategori trail run, yaitu 7 km, 7 km kids, 15 km, 30 km, dan 2 kategori ultra trail, yaitu 55 km dan 85 km sehingga terdapat dua penambahan kategori, yaitu 7 km Trail Kids dan 85 km. 

Pihak panitia pun menjamin keselamatan bagi 1.735 pelari yang terdaftar secara resmi. 

Bali Trail Running menjalin kerja sama dengan PT Chubb Life Insurance Indonesia (Chubb Life Indonesia) untuk memberikan perlindungan kepada seluruh peserta BTR Ultra 2024 melalui produk asuransi kecelakaan EaziGuard. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!