Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Masyarakat Buleleng Idamkan Rochineng Jadi Bupati

MENUJU 2024: Dr. Ketut Rochineng, SH., MH. unggul sementara mengacu polingkita.com, Minggu (3/4/2022) pukul 16.26

 

BULELENG, Balipolitika.com– Situasi perpolitikan di Den Bukit, Buleleng mulai berdenyut menyambut Pilkada Serentak 2024. Dukung-mendukung tersaji di media sosial. Salah satunya tampak pada hasil polling dukungan calon Bupati Buleleng periode tahun 2024-2029. Polling yang diunggah aplikasi pollingkita.com itu menyajikan 19 nama tokoh yang dinilai layak menjadi bakal calon Bupati Buleleng. Sosok Dr. Ketut Rochineng, SH., MH. mencuri perhatian karena meraih rating tertinggi dengan angka 17,1% atau 1.368 suara hingga Minggu (3/4/2022) pukul 16.26.

Rochineng atau akrab disapa Rocky N unggul atas Ketut Ngurah Arya (14,9% atau 1.190 suara) dan posisi ketiga diduduki Gede Supriatna (11,27% atau 903 suara). Pensiunan birokrat Pemprov Bali yang saat ini mengemban amanat sebagai anggota DPRD Bali dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) dapil Buleleng unggul atas Ngurah Arya yang merupakan Ketua Fraksi PDIP DPRD Buleleng. Juga unggul dari Gede Supriatna, Ketua DPRD Buleleng. Nama lain yang juga muncul adalah I Ketut Sukawati Lanang Perbawa (9,5% atau 762 suara), Ni Kadek Turkini (9,0% atau 719 suara), dan Kadek Dodi Riana (6,3% atau 506 suara).

Polling ini juga menyajikan dukungan sejumlah nama yang digadang-gadang menjadi calon kuat Bupati Buleleng. Namun, ternyata mendapat suara sangat rendah. Sang Putra Mahkota, Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjitdra hanya meraih 3,2% atau 259 suara. Raihan suara anggota DPRD Bali, I Gusti Ayu Aries Sujati yang digembar-gemborkan layak menggantikan sang suami, Putu Agus Suradnyana malah jauh lebih rendah; hanya mendapat 109 suara atau 1,4%.

Merespons hasil polling ini, Rocky N dihubungi via telepon seluler mengaku sangat kaget namanya masuk dalam bursa calon Bupati Buleleng menggantikan Putu Agus Suradnyana yang dua periode menakhodai Den Bukit. Apalagi hasil polling atas namanya di atas angin mengungguli semua kader senior di kandang banteng, Buleleng.

“Saya merasa bersyukur dan berterima kasih karena ternyata nama saya diperhitungkan dan diikutkan pada polling ini. Tentu saya juga sangat berterima kasih kepada seluruh voter, baik yang memilih saya atau peserta lainnya. Karena ini merupakan awal demokrasi yang baik di kalangan masyarakat Buleleng. Tapi saya, tentu sampai saat ini hanya ingin terus fokus turun untuk membantu masyarakat Buleleng sekaligus menuntaskan dengan baik tugas-tugas dan kewajiban saya sebagai kader partai dan anggota dewan,” beber Rocky N, Minggu (3/4).

Dewan Pimpinan Kerohanian Pusat Perguruan Pencak Silat (PPS) Kertha Wisesa ini menegaskan aksi sosial turun ke masyarakat yang dilakoni selama ini bukan semata-mata mencari dukungan untuk jabatan apa pun. “Terus terang saja saya kaget dan tidak tahu kalau nama saya ada di polling. Dan saya baru tahu pas habis sembahyang Pagerwesi kemarin. Saya lihat ternyata saya di posisi pertama sekarang,” ungkapnya.

Jika memang masyarakat Buleleng menginginkan serta ada perintah dari induk partai, Rocky N mengaku siap maju sebagai calon Bupati Buleleng. “Setiap partai berhak menentukan figur untuk diikutsertakan dalam Pilkada Buleleng mendatang. Bahkan seandainya kehadirannya dalam bursa pemilihan bupati itu ditugaskan oleh partai dan direstui oleh masyarakat, maka saya siap memegang amanah tersebut,” tegasnya. Rocky. N diketahui bertengger di posisi teratas pollingkita.com sejak 29 Maret 2022 pukul 21.13 yang hingga kini menerima total 8.022 vote atau suara. (lit/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!