Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Siaga Bencana

Banjir Surut, 1 Rumah Rusak di Bengkulu

WASPADA: BNPB Bengkulu mengimbau pemerintah daerah dan warga tetap siaga di puncak musim hujan.

 

BENGKULU, Balipolitika.com– Banjir yang menggenangi wilayah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, sejak Kamis (17/2/2022) surut. Kondisi tersebut diinformasikan oleh BPBD setempat pada hari ini, Jumat (18/2/2022). Tercatat satu rumah warga mengalami rusak sedang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma menginformasikan selain rumah warganya rusak sedang, 1 fasilitas umum dan 1 fasilitas pendidikan rusak ringan serta 372 unit rumah terdampak. Banjir tersebut menggenangi empat desa di Kecamatan Semidang Alas Maras. Desa-desa terdampak yaitu Desa Talang Kemang, Serian Bandung, Talang Alai dan Jembatan Akar.

Selain kerugian material, banjir berdampak pada 373 KK atau 2.011 jiwa. Warga terdampak tetap bertahan di rumah mereka. Tidak ada laporan korban jiwa atau pun warga yang mengalami luka-luka.

BPBD Kabupaten Seluma telah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa. Dalam upaya penanganan darurat lain, pihaknya memberikan bantuan logistik kepada para korban banjir.

Kronologi banjir terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah hulu sehingga debit air Sungai Maras meluap. Banjir tidak dapat dihindarkan dan terjadi sejak Kamis sore, sekitar pukul 15.00 WIB.

Meskipun banjir telah surut, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga tetap siaga di puncak musim hujan. Prakiraan cuaca di wilayah terdampak masih menunjukkan peluang hujan sedang pada esok hari, Minggu (19/2/2022) dan potensi hujan sedang hingga lebat pada lusa, Minggu (20/2/2022).

Wilayah Semidang Alas Maras termasuk kecamatan yang berada pada potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 14 kecamatan di Kabupaten Seluma yang memiliki potensi bahaya tersebut.

Menyikapi kondisi dan prakiraan cuaca di tingkat kecamatan, warga diharapkan selalu siap siaga dalam mengantisipasi dan mengurangi risiko bahaya hidrometeorologi. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga hari ini, pastikan setiap warga menyiapkan diri dalam menjalankan protokol kesehatan, apabila terjadi evakuasi atau pun berada di tempat evakuasi sementara. (dah/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!