Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Capres 2024, Kang Emil Figur Bersih, Diterima Semua Kalangan

KATA AKADEMISI: Dr. Dadang Hermawan menilai sosok Kang Emil ideal jadi pilihan masyarakat saat berkompetisi sebagai Capres 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Siapa penerus ideal estafet kepemimpinan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sejatinya bisa dijawab dengan mudah. Salah satu indikator yang bisa digunakan adalah jawaban dari pertanyaan siapakah gubernur terbaik di Asia. Jika merujuk penghargaan bergengsi Asiabusinessinfo International Award 2020, maka pilihan ideal jatuh pada sosok Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. Bersama Presiden Joko Widodo, Ridwan Kamil meraih penghargaan Asiabusinessinfo International Award 2020. Presiden Jokowi memenangkan kategori The Best 7 Asia Leader 2020. Sementara Ridwan Kamil masuk kategori The Best 7 Asia Governor 2020 bersama Gubernur Hokkaido (Jepang), Naomichi Suzuki; Gubernur Australia Selatan, Hieu Van Le; Gubernur Gyeonggi (Korsel), Lee Jae-myung; dan Gubernur Karela (India), Arif Mohammad Khan.

Hadir di Bali,Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tampak tersenyum di baliho ukuran jumbo di barat Patung Dewa Ruci, Underpass Jalan By Pass Ngurah Rai, Simpang Siur, Kuta, Badung. Munculnya baliho berukuran raksasa ini semakin menguatkan dukungan masyarakat terkait isu pencalonannya sebagai salah satu Calon Presiden (Capres) maupun Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pemilu Serentak pertama tahun 2024. Lebih-lebih,  figur arsitek merangkap dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung jebolan Universitas California Berkeley itu memimpin provinsi paling padat di Indonesia dengan penduduk sebanyak 49,94 juta jiwa.  

Penilaian terkait sosok Kang Emil salah satu tokohnya disampaikan akademisi, Dr. Dadang Hermawan. Dr. Dadang mengakui sosok Kang Emil sangat tepat didukung untuk maju sebagai Capres 2024. Salah satu indikator nyata dukungan tersebut adalah fakta bahwa Kang Emil selama ini belum pernah tersangkut isu miring yang mengarah kepadanya. Apalagi terkait kasus korupsi yang biasanya membelit sejumlah pejabat termasuk para gubernur maupun bupati/walikota. 

“Saya mendukung (Kang Emil, red) karena selama ini kerjanya terlihat dan tidak ada isu miring tentang dia dalam masalah korupsi,” tegas Rektor ITB Stikom Bali dihubungi, Senin (17/1/2022). Melanjutkan kerja Presiden Jokowi yang berfokus pada revolusi mental, Dr. Dadang menilai figur bersih Kang Emil bisa diadu saat nanti maju menjadi Capres menandingi figur lainnya.

Dr. Dadang mempertegas di antara figur capres atau cawapres yang bermunculan di media massa dan media sosial, dipastikan sosok Kang Emil lebih bisa diterima oleh semua kalangan, termasuk masyarakat di Bali yang penduduknya mayoritas homogen. 

“Setahu saya ya, di antara figur-figur yang selama ini ada, saya kira Kang Emil bisa diterima semua kalangan,” ujarnya. Dr. Dadang menambahkan Kang Emil juga dikenal membawa banyak perubahan saat menjadi Gubernur Jawa Barat dan Walikota Badung sebelumnya. “Dia (Kang Emil, red) moderat dan sudah lumayan berhasil pada saat menjadi Walikota Bandung. Pada saat jadi gubernur belum terlalu kelihatan, karena keburu pandemi. Tapi saya punya keyakinan bahwa Kang Emil adalah salah satu figur tepat yang dapat melanjutkan program pemerintahan sekarang,” tutup Dadang. 

Seperti diketahui Gubernur Jawa Barat yang bernama lengkap Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. semakin sering diperbincangkan. Bahkan nama Kang Emil makin santer ketika mendukung total perjuangan para atlet hingga Jawa Barat, hingga meraih Juara Umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan raihan 353 medali (133 emas, 102 perak, dan 118 perunggu) yang membuat nama Kang Emil kian melejit. Kang Emil sendiri juga relatif sering ke Bali, bahkan sempat bersama Pemprov Bali meluncurkan program “Beli Bali” di Rumah Sanur, Bali, Jumat (17/9/2021) lalu.. Beli Bali merupakan program kolaborasi untuk saling memajukan UMKM dengan memasarkan produk-produk unggulan melalui platform aplikasi borongdong.id. yang merupakan terobosan digitalisasi Pemprov Jabar. 

Kang Emil berharap program Beli Bali dapat membangkitkan gairah pelaku UMKM Bali untuk tetap berproduksi dan memasarkan produknya meski jumlah kunjungan wisatawan ke Bali masih belum pulih. Siap endorse secara cuma-cuma produk UMKM Bali juga menjadikan sosok Kang Emil yang memiliki 14,9 juta followers itu berbeda. 

Teranyar Kang Emil juga diagendakan tiba di Bali untuk mendukung pemulihan ekonomi Bali dengan sasaran membangkitkan UMKM lokal. Sang Gubernur Jawa Barat dijadwalkan menemui para pedagang pada Selasa, 18 Januari 2022 untuk meluncurkan Program Mensejahterakan Bali atau disingkat “Mesrakan Bali” pukul 09.00-10.30 Wita di sekitar Pura Melanting Pasar Badung Dangin, Puri Kangin, Denpasar. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!