Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Nyoman Cantiasa Digadang Tepat Pimpin Bali 2024-2029

JELANG PILGUB BALI 2024: Nama Letjen TNI I Nyoman Cantiasa jadi buah bibir jelang Pilgub Bali 2024. (Ilustrasi: Gung Kris)

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Semakin menjadi buah bibir di masyarakat jelang kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bali 2024, nama Letjen TNI I Nyoman Cantiasa digadang-gadang menjadi sosok yang tepat untuk memimpin Bali selanjutnya, ditengah terpaan isu Kamtibmas (Kemanan dan Ketertiban di Masyarakat) menghantam Pulau Dewata banyak kalangan menilai Bali kedepan membutuhkan figur gubernur yang profesional, dikutip Jumat, 21 Juni 2024.

Seperti diungkapkan Senator RI Dapil Bali terpilih 2024 Dr. Shri IGN Arya Wedakarna, S.E.(M.Tru). M.Si., alias AWK menyebut masifnya peristiwa mulai dari Warga Negasa Asing (WNA) yang berulah, tragedi pengeroyokan melibatkan muda-mudi, hingga pengungkapkan kasus pabrik narkoba skala besar di Bali menjadi pertanda bahwa kedepan Bali membutuhkan sosok gubernur yang mengerti betul cara untuk menuntaskan permasalahan tersebut.

Selain itu beberapa waktu belakangan Bali kerap dijadikan tempat penyelenggaraan acara pertemuan tingkat internasional, ditambah situasi perang masih meyelimuti beberapa negara seperti Russia dan Ukraina secara tidak langsung akan berampak terhadap Bali sebagai destinasi pariwisata dunia yang kedepan akan banyak diganggu masalah-masalah keamanan, sehingga AWK menilai Bali memerlukan karakter gubernur seperti I Nyoman Cantiasa pada Pilgub Bali 2024.

“Bali ini lima tahun kedepan akan selalu diganggu soal isu keamanan. Contoh sudah banyak kasus, seperti pabrik narkoba, kampung Moscow, belum lagi mafia-mafia asing yang menjadikan Bali sebagai tempat cuci uang. Kalau saja ada (Partai Politik, red) yang berani mengusung, kenapa tidak Letjen TNI I Nyoman Cantiasa? Titiang (saya, red) rasa beliau figur profesional yang tepat di (Pilkada, red) 2024, beliau sangat memahami teknis di lapangan,” ungkap AWK kepada Balipolitika.com.

Untuk dapat diketahui, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa merupakan seorang perwira tinggi TNI AD yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN), pria kelahiran Buleleng 26 Juni 1967 ini merupakan putra terbaik yang dimiliki Bali, sosok peraih Bintang Adhi Makayasa Akmil (Akademi Militer) tahun 1990 ini digadang sebagai Bakal Calon (Balon) Gubernur Bali 2024 oleh sejumlah pihak, tak sedikit tokoh masyarakat menilai Cantiasa merupakan figur yang dibutuhkan Bali lima tahun kedepan.

Selain AWK, tanggapan juga datang dari Mantan Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta alias Jero Mangku Gede (JMG) Sudikerta, melirik sosok Letjen Cantiasa memiliki peluang tinggi jika maju Pilgub Bali 2024, melalui penggodokan pasangan misalnya dengan simulasi Cantiasa – Gus Adhi (Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra).atau Cantiasa – De Gadjah (Made Muliawan Arya), sebagai figur profesional Non Parpol (Partai Politik) Cantiasa dinilai sangat cocok menjabat sebagai Gubernur Bali selanjutnya.

“Sekarang tinggal menunggu siapa dipercaya partai untuk mendapatkan rekomadasi. Kalau sudah DPP rekomendasi paslon paket, maka akan lahir Gubernur Bali. Setelah itu, barulah rakyat Bali akan menentukan sikap berdasarkan penilaian figur-figur menjadi Paslon Cagub dan Cawagub Bali 2024,” jelas JMG Sudikerta.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan memperhatikan bagaimana jejak rekam dan kualitasnya, rakyat Bali sudah cerdas menilai figur-figur yang ditentukan di tengah perkembangan digital saat ini, situasi politik ditambah keadaan Bali saat ini, ia berharap Gubernur dan Wagub Bali terpilih 2024 mampu mengawal aspirasi dan menuntaskan masalah dengan baik kedepan.

“Tidak hanya budaya saja, sektor pertanian agar diperhatikan betul. Infrastruktur pertanian, saluran air, irigasi. Bisa menciptakan surplus pangan, swamsebada pangan, benar-benar memberikan bibit unggul kemudian penyaluran saprodi baik pupuk dan peralatan. Ditambah sekarang Calon Gubernur Bali 2024 itu harus paham juga soal keamanan,” tutupnya. (bp/gk)




Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!