Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

230 Pasang Kerbau Adu Cepat di Mekepung Kapolda Cup 2024

Sirkuit All In One Jembrana

LOCAL GENIUS: Dua pasang kerbau tampak adu cepat dalam perlombaan Mekepung Kapolda Cup 2024 di Sirkuit All In One, Desa Pengambengan, Jembrana, Minggu, 16 Juni 2024.

 

JEMBRANA, Balipolitika.com  Sebanyak 230 pasang kerbau yang dibagi menjadi Regu Barat (Ijo Gading Barat) dan Regu Timur (Ijo Gading Timur) mengikuti ajang perlombaan Mekepung Kapolda Cup 2024 di Sirkuit All In One, Desa Pengambengan, Jembrana, Minggu, 16 Juni 2024.

Dibuka langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba beserta Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto kegiatan tersebut berhasil menyedot ratusan pecinta mekepung.

Dalam sambutanya, Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra menyampaikan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 ini Polri, khususnya Polda Bali dan jajaran menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan peringatan Hari Bhayangkara salah satunya Mekepung Kapolda Cup 2024.

“Selain momentum peringatan Hari Bhayangkara ke-78, pelaksanaanMmakepung Kapolda Cup 2024 ini juga sebagai bentuk kecintaan saya sebagai putra daerah Jembrana terhadap budaya yang satu-satunya ada di Kabupaten Jembrana ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di jajaran Polda Bali tersebut mengatakan tradisi mekepung atau lomba pacu kerbau khas Jembrana ini merupakan tradisi turun-temurun yang dilaksanakan masyarakat Jembrana.

Mekepung juga telah menjadi suatu destinasi atau spot wisatawan domistik maupun mancanegara dan menjadi andalan Jembrana.

“Saya minta lomba mekepung ini dilaksanakan dengan penuh semangat dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Ke depannya saya mohon kepada Bapak Bupati Jembrana, Ketua Komunitas Mekepung, dan seluruh masyarakat Jembrana untuk senantiasa menjaga dan merawat tradisi mekepung berikut sarana dan prasarana yang ada saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyatakan apresiasi atas terselenggaranya event mekepung untuk memperebutkan Piala Kapolda Bali.

Menurut Bupati Tamba pelaksanaan event ini akan menambah semangat serta gairah sekaa mekepung dalam pelestarian seni budaya asli Jembrana ini.

“Sesuai apa yang disampaikan Bapak Kapolda Bali, kita sepakat akan mengagendakan mekepung Kapolda Cup ini sebagai agenda tahunan di Kabupaten Jembrana. Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaran dan persatuan di antara kita,” ucapnya.

Sejalan dengan itu, Koordinator Makepung, I Made Mara turut mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya Makepung Kapolda Cup 2024 serangkaian Hari Bhayangkara ke-78.

“Kami sangat berharap di tahun-tahun berikutnya juga dalam momentum yang sama agar Mekepung Kapolda Cup tetap diselenggarakan bahkan dengan gaung yang lebih besar lagi,” tandasnya. (bp/rls/ken)




Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!