Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Tak Buka Pesta Kesenian Bali ke-46, Jokowi Ngambul?

AHY Puji Bali Tak Berkarat Oleh Zaman

TAK HADIR LAGI: Mayor Inf. TNI H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A., atau lebih dikenal dengan inisialnya AHY, Menteri Agraria dan Tata Ruang merangkap Kepala Badan Pertanahan Nasional sejak 21 Februari 2024 membuka PKB ke-46, Sabtu, 15 Juni 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Lagi-lagi bukan Presiden ke-7 Republik Indonesia, Joko Widodo yang membuka Pesta Kesenian Bali (PKB). 

Dua tahun berturut-turut, Jokowi absen membuka ajang bergengsi tahunan yang dihelat Pemerintah Provinsi Bali setelah pada tahun 2023 panggung kehormatan PKB ke-45 justru dipersembahkan bukan kepadanya, melainkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, tepatnya pada Minggu, 18 Juni 2023.

Pada pembukaan PKB ke-46, Sabtu, 15 Juni 2024 giliran Jokowi yang seolah tidak berkenan hadir setelah setahun sebelumnya diposisikan “underdog” oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati. 

Jokowi memberikan mandat kepada Mayor Inf. TNI H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc., M.P.A., M.A., atau lebih dikenal dengan inisialnya AHY, Menteri Agraria dan Tata Ruang merangkap Kepala Badan Pertanahan Nasional sejak 21 Februari 2024 untuk membuka PKB ke-46. 

“Atas nama Pemerintah Indonesia, kemarin (15 Juni 2024) saya membuka secara resmi pawai Pesta Kesenian Bali ke-46 sekaligus menandai dibukanya seluruh rangkaian perhelatan pesta kesenian rakyat ini. Kita tentu mengapresiasi penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) ini sebagai event tahunan yang telah menjadi pesta rakyat Bali sejak 1970. PKB yang bertemakan “Jana Kerthi: Paramaguna Wikrama” juga diikuti dari berbagai daerah di Indonesia dan berbagai negara di dunia,” ungkap AHY. 

Dengan mengusung seni budaya sendiri imbuh AHY hal itu berarti menegakkan jati diri bangsa. 

“Karena meskipun di Bali kaya kan masuknya budaya-budaya asing, tetapi budaya kita sendiri tidak lekang oleh waktu. Tidak berkarat oleh zaman. Selamat dan sukses Pesta Kesenian Bali ke-46! Semoga seluruh acara berjalan lancar, sukses, bermakna dan membahagiakan kita semua,” tutup AHY. (bp/ken)




Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!