Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Tri Tito Karnavian Soan ke Klungkung

Puji Penurunan Angka Stunting

PANEN: Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya, dan Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny. Wiryani Jendrika panen jagung bersama di Kebun Hatinya PKK di TOSS Center Kabupaten Klungkung, Senin, 10 Juni 2024. 

 

SEMARAPURA, Balipolitika.com- Penjabat (Pj) Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika bersama Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung, Ny Wiryani Jendrika menerima kunjungan kerja (kunker) Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania, Kabupaten Klungkung, Senin, 10 Juni 2024.

Kunjungan dilanjutkan ke Kebun Hatinya PKK di TOSS Center dirangkai penanaman pohon cabai, panen jagung, dan terong.

Turut hadir Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. drg Ida Mahendra Jaya, Sekda Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gede Lesmana, dan pejabat penting lainnya.

Pj. Bupati Jendrika mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PKK yang memilih Kabupaten Klungkung sebagai lokasi kunker.

Urainya PKK merupakan gerakan yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimulai dari unit terkecil, yakni keluarga.

“Sejak tahun 2008 tercatat TP PKK Kabupaten Klungkung mendapatkan nominasi di tingkat nasional sebagai pelaksana terbaik kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan.

Di tahun 2024 ini, dalam Jambore Nasional PKK di Surakarta Tim Jingle Kabupaten Klungkung yang mewakili Provinsi Bali meraih juara II nasional,” ujarnya.

Pj Bupati Jendrika menambahkan dalam upaya melaksanakan program pengembangan kehidupan berkoperasi, TP PKK Kabupaten Klungkung membentuk sebuah koperasi produsen bernama “Koperasi Gema Nadi Lestari” yang saat ini mempunyai unit usaha mengelola sampah anorganik dan kuliner khusus menu ikan.

Unit usaha koperasi ini berperan dalam menjaga lingkungan dari sampah plastik dan menyosialisasikan program gemar makan ikan (gemarikan) yang berdampak terhadap penurunan angka stunting di Kabupaten Klungkung yang semula 7,7 persen menjadi 4,9 persen.

“Tentunya kunjungan ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Klungkung. Semoga dengan adanya kunjungan ini bisa memberikan semangat dan motivasi para Kader PKK Kabupaten Klungkung,” harapnya.

Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian mengajak para kader PKK untuk terus menjalankan seluruh program PKK dengan baik guna membantu pemerintah dalam memajukan masyarakat di tempat masing-masing.

Program PKK tersebut antara lain, peningkatan SDM dengan menurunkan stunting, menjadikan masyarakat yang kuat dan sehat dalam menghadapi persaingan seluruh bangsa di dunia, dan menyukseskan program KB.

Kader PKK juga dituntut dapat memprioritaskan untuk menyiapkan generasi muda, anak, dan ibu hamil yang sehat yang terpenuhi segala gizi dan nutrisinya.

“Saya mengapresiasi TP PKK Kabupaten Klungkung atas beberapa program yang sudah dijalankan di antaranya dalam menyosialisasikan program gemar makan ikan (gemarikan) yang berdampak pada penurunan angka stunting. Upaya ini sangat luar biasa semoga bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan ke depan,” harapnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!