Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

1 Jalur Presiden RI, Gerindra Tabanan Optimis Tatap Pilkada 2024

YAKIN PRABOWO EFFECT BERLANJUT: Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Tabanan, I Putu Gede Juliastrawan.

 

TABANAN, Balipolitika.com Kemenangan bersejarah pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dengan mesin utama Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di Provinsi Bali di Pilpres 2024, menghadirkan optimisme menyongsong Pilkada Serentak 2024, Rabu, 27 November 2024. 

Raihan suara Prabowo-Gibran sebanyak 1.454.640 suara, disusul pasangan Ganjar-Mahfud 1.127.134 suara, dan pasangan Anies-Muhaimin 99.233 suara diyakini menjadi modal bagi Gerindra melanjutkan trend positif tersebut, khususnya di Pilkada Tabanan 2024.

Meskipun PDI Perjuangan sangat dominan dengan raihan 31 dari 40 kursi DPRD Tabanan atau 77,5 persen hasil Pileg 2024, DPC Gerindra Tabanan tak lantas gentar mengingat parpol berlambang kepala burung garuda itu kini memiliki orang nomor 1 di Indonesia, yakni Presiden Republik Indonesia ke-8, Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Partai Gerindra. 

Lebih-lebih di Pilpres 2024, Prabowo-Gibran mendulang suara signifikan di Tabanan, yakni 128.847 suara berbanding 189.892 suara milik Ganjar-Mahfud, dan 5.969 suara milik Anies-Imin. 

Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan dalam rapat pleno Jumat, 8 Maret 2024 lalu menegaskan seluruh suara dari hasil pleno di tingkat kabupaten/kota tidak dipermasalahkan.

Yakin kesejahteraan masyarakat Tabanan akan sangat bisa diwujudkan bila Pemkab Tabanan dipimpin oleh sosok yang satu jalur dengan pemerintah pusat alias Presiden Prabowo Subianto, DPC Gerindra Tabanan siap menjalin komunikasi politik agar bisa mengusung kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan masa bakti 2024-2029.

Ketua DPC Gerindra Tabanan, I Putu Gede Juliastrawan menyebutkan pihaknya sudah mulai menjalin komunikasi politik sesuai dengan instruksi partai di tingkat provinsi dan pusat. 

“Kemarin (Kamis,18 April 2024, red) baru rapat di DPD Gerindra Bali, memang diminta untuk membangun komunikasi,” ujarnya Jumat, 19 April 2024. 

Dengan raihan empat kursi di Pileg 2024 dari sebelumnya 3 kursi DPRD Tabanan, Juliastrawan atau yang akrab disapa Wawan mengakui sangat perlu menjalin koalisi.

“Kami tetap optimis melihat raihan suara Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto di Tabanan signifikan pada Pilpres kemarin,” ujarnya sembari menegaskan bahwa kesejahteraan masyarakat Tabanan akan sangat bisa diwujudkan bila Pemkab Tabanan dipimpin oleh sosok yang satu jalur dengan pemerintah pusat alias Presiden RI ke-8, Prabowo Subianto.

Politisi asal Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat ini yakin Prabowo-Gibran Effect berlanjut di Pilkada Bali dan Pilkada Kabupaten/Kota se-Bai tahun 2024.

“Dampaknya luar biasa,” bebernya.

Perihal siapa saja pengurus partai politik di Tabanan yang dihubungi menyongsong Pilkada Serentak 2024, Wawan belum mau membuka. 

Terangnya saat ini pihaknya masih melakukan penjajakan dan membuka diskusi. 

“Kami coba menyamakan persepsi dulu. Jika telah solid dan komitmen, baru akan mengumumkan ke publik,” pungkasnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!