Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

SELEBRITIS

Melly Goeslaw Lekat dengan Julukan Ratu Soundtrack Film

Ungkap Treatment yang Dilakukan Saat Ciptakan Lagu

RATU SOUNDTRACK FILM: Melly Goeslaw Lekat dengan Julukan Ratu Soundtrack Film

 

JAKARTA Balipolitika.com- Penyanyi sekaligus pencipta lagu Melly Goeslaw dikenal sukses membuat lagu soundtrack untuk film-film Indonesia yang akhirnya meledak di pasaran. Karena hal itu, Melly Goeslaw sering dijuluki Ratu Soundtrack. Melly Goeslaw mengungkap treament yang dilakukannya saat menciptakan soundtrack film. Jadi lebih dulu yang dilakukan Melly Goeslaw adalah membaca skrip dari film itu.

“Soal treatment membuat sebuah ost (soundtrack) agar bisa kena jadi saya pencinta skrip, jadi kalau saya disuguhkan script saya senang banget baca,” kata Melly Goeslaw dalam konferensi pers perilisan soundtrack film Ipar Adalah Maut di Setia Budi, Jakarta Selatan, Jumat, 15 Maret 2024. “Daripada baca novel atau baca apa saya senang baca skrip karena kan ada dialognya ya dan saya halusinasinya lebih tinggi. Kalau baca skripsi bisa baca berkali-kali,” lanjut Melly Goeslaw. Setelah membaca skrip film itu, sang maestro ini jadi lebih menjiwai ceritanya.

Wanita kelahiran Bandung ini pun jadi bisa membayangkan untuk menyatukan lagu dengan beberapa adegan dari film tersebut. “Dari situ mungkin jadi menjiwai apa yang ada dalam cerita filmnya, karena untuk membuat lagu dalam film dan lagu biasa, kalau lagu di film itu kita harus dedicated dengan filmnya. Kita harus bayangkan audionya ini akan didengar di layar segede itu, di-sound segede itu. Jadi kita kan membalut adegan kan, kadang ada hal-hal yang sulit,” kata Melly. “Ada gimana kita memasukkan lagu dengan adegannya tidak terlalu menangis,” lanjut Melly.

Selain itu, tantangan lainnya untuk menyiasati agar soundtrack film ini bisa kena dihati penonton, khususnya part besarnya ketika lagu tersebut diputar di credit title. Sehingga membutuhkan pemikiran yang lebih kuat dibandingkan membuat lagu biasa. “Challange lain lagu ini juga kan pastinya ada di credit title, jadi juga harus gede harus megah. Jadi nyiasatinnya memang gampang-gampang sulit buat suatu yang deep, enggak terlalu besar tapi besar ya nanti diendingnya. Jadi ya butuh pemikiran yang lebih kuat dibanding membuat lagu biasa,” tutur Melly Goeslaw.

Melly Goeslaw baru rampung menciptakan soundtrack film Ipar Adalah Maut. Lagu soundtrack itu berjudul “Tak Pantas” yang dinyanyikan Mytha Lestari dan diaransemen oleh suaminya, Anto Hoed.

Sementara, film Ipar Adalah Maut dijadwalkan tayang pada 16 Mei 2024 mendatang. Ipar Adalah Maut disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Cerita Ipar Adalah Maut menjadi salah satu fenomena yang viral di media sosial TikTok. Cerita ini dibuat oleh sebuah akun bernama @elizasifaa dan sudah mendapat jumlah viewer mencapai jutaan. Cerita tentang perselingkuhan ini sempat menuai pro dan kontra di ranah dunia maya. Ipar Adalah Maut terbagi menjadi 24 episode di TikTok Eliza. Selain dibintangi oleh Deva Mahenra, Michelle Ziudith, dan Davina Karamoy, film ini juga menampilkan Ratu Rafa, Alesha Fadhilah, dan Devina Aureel. (dp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!