Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

PolitikSELEBRITIS

5 Anak Politisi Raih Suara Tinggi di Pileg 2024

Ada Anak Puan Maharani hingga Setya Novanto

ANAK POLITISI: Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari (Anak Puan Maharani), Salah Satu Anak Politisi yang Ikutan Nyaleg

 

JAKARTA Balipolitika.com- Anak dari beberapa politisi dan pejabat terlibat dalam persaingan untuk memperebutkan kursi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Melanjutkan jejak orang tuanya, para politisi muda ini maju di berbagai daerah pemilihan (dapil) untuk memperebutkan kursi legislatif, dan berhasil meraup suara tinggi. Berikut adalah beberapa anak politisi senior yang maju di pemilu legislatif 2024 dan perolehan suaranya dilansir dari laman pemilu2024.kpu.go.id per 21 Februari 2024 pukul 15:00 WIB

Gavriel P Novanto (Anak Setya Novanto)

Putra mantan Ketua Umum Setya Novanto, Gavriel P Novanto maju menjadi caleg di dapil NTT II. Ia tergabung dalam Partai Golongan Karya (Golkar) dan hingga kini telah memperoleh 17.318 suara. Daerah pemilihan (Dapil) NTT-II meliputi Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Rote, Sabu, Alor, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Belu, Malaka, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Prananda Paloh (Anak Surya Paloh)

Prananda Paloh maju dalam Pileg 2024 di dapil Sumatera Utara I. Putra Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ini bergabung dengan partai Nasional Demokrat (NasDem). Ia juga mendapat perolehan suara tertinggi di dapilnya dengan jumlah 16.017 suara. Dilansir dari dpr.go.id, Prandanda juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI tahun 2014-2019 dan 2019-2024. Kini, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Umum fraksi tahun 2019-2024.

Rasyid Rajasa (Anak Hatta Rajasa)

Putra mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, Rasyid Rajasa maju dalam Pileg 2024 di dapil Jawa Barat I. Ia tergabung dalam Partai Amanat Nasional (PAN) dan kini telah memperoleh 16.788 suara, yang tertinggi di antara tujuh calon legislatif lain di Dapilnya. Sebelum memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai legislator, Rasyid Rajasa mengalami kejadian kecelakaan yang mengakibatkan dua orang tewas pada tahun 2013. Rasyid kemudian diadili dengan tuduhan melanggar Pasal 310 ayat 4 Undang-Undang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Tuduhan utama ini menghadirkan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan/atau denda sebesar Rp 12 juta. Meskipun demikian, dia tidak pernah ditahan sejak ditetapkan sebagai tersangka.

Edhie Baskoro Yudhoyono (Anak SBY)

Putra dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mantan presiden Republik Indonesia yang akrab disapa Ibas akan berlaga di dapil Jawa Timur VII. Dalam Pileg 2024, ia tergabung dalam Partai Demokrat, dan saat ini mendapat perolehan suara terbanyak, yaitu 247.023 suara. Dilansir dari edhiebaskoro.com, Ibas memulai kariernya sebagai Anggota Komisi I DPR RI selama periode 2009-2014. Dia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk Bidang Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan Olahraga pada periode 2010-2015.

Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari (anak Puan Maharani)

Putri Ketua DPR RI Puan Maharani turut maju dalam Pileg 2024 di Dapil Jawa Tengah IV. Sama dengan ibu dan neneknya, Megawati, ia tergabung dalam Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan sudah memperoleh 63.067 suara. Pada tahun 2013, Pinka Hapsari memasuki industri akting dengan menjadi pemeran utama dalam film berjudul Jangan Ambil Borobudurku. Film tersebut disutradarai oleh Purnomo A. Chakil dengan kolaborasi dari Britz Production dan Kemendikbud Indonesia. Dalam film tersebut, Pinka memerankan karakter seorang wanita bernama Pita, seorang turis yang berkunjung ke Borobudur. (dp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!