Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

PolitikSELEBRITIS

10 Caleg Selebritis yang Terancam Tak Lolos Melaju ke Senayan

CALEG SELEBRITIS: Pasangan Giring Ganesha dan Cynthia Riza Termasuk Caleg Selebritis yang Terancam Tak Lolos Melaju ke Senayan

 

JAKARTA Balipolitika.com- Pemilu 2024 kembali diramaikan oleh kehadiran para selebritas Tanah Air. Sejumlah nama artis muncul dalam kontestasi perebutan kursi DPR RI periode 2024-2029. Namun nama besar artis tak lantas menjadi jaminan bisa masuk ke Senayan. Ada persyaratan yang harus dilewati agar bisa menjadi anggota DPR RI. Syarat seorang caleg lolos menjadi anggota DPR diatur dalam Pasal 411 ayat (2) Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Penetapan hasil pemilu caleg maju lolos ke Senayan terdiri atas perolehan suara parpol dan calon anggota DPR. Partai politik peserta Pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4 persen dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPR. Sampai saat ini, parpol yang belum memenuhi batas ambang suara di antaranya adalah PSI, Perindo, Partai Gelora, Partai Hanura, Partai Buruh, PBB, Partai Garda, Partai Ummat, dan Partai Kebangkitan Nusantara. Berikut ini adalah nama-nama artis caleg yang terancam tak lolos jadi anggota DPR RI dari data KPU per Kamis, 22 Februari 2024 pukul 23.00 WIB.

1. Cynthia Riza

Cynthia Riza sebenarnya memperoleh suara yang cukup tinggi dalam DPR RI Dapil Jawa Tengah V. Istri Giring Ganesha ini tercatat memperoleh 35.545 suara. Perolehan suaranya bahkan yang tertinggi dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di dapil tersebut. Namun Cynthia terancam gagal masuk Senayan karena PSI tak mendapatkan cukup suara dalam penghitungan suara sementara.

2. Didi Riyadi

Aktor Didi Riyadi juga terancam gagal masuk sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029. Diusung oleh Partai NasDem, Didi bertarung di Dapil Jawa Barat XI. Drummer band Element ini hanya memperoleh 5.127 suara terbanyak keempat dari calon Partai NasDem lainnya.

3. Arnold Poernomo

Arnold Poernomo yang terdaftar sebagai caleg Perindo juga terancam gagal ke Senayan. Chef juri dari MasterChef Indonesia itu memperoleh 3.794 suara dari Dapil Jawa Timur I. Suara Arnold juga masih tertinggal jauh dari Angela Tanoesoedibjo yang bertarung di Dapil Jawa Timur I. Alasan lain Arnold terancam gagal adalah perolehan suara sementara Perindo yang kurang dari 4 persen.

4. Aldi Taher

Aldi Taher juga terancam gagal masuk Senayan meski perolehan suaranya tertinggi kedua di Dapil Jawa Barat VII. Total 2.243 suara yang didapatnya belum tentu mengantarnya menjadi anggota DPR RI karena kurangnya suara Perindo.

5. Gilang Dirga

Komedian dan presenter Gilang Dirga maju sebagai caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Pemilu kali ini. Bersaing di Dapil DKI Jakarta I, Gilang baru memperoleh 1.469 suara. Total suaranya tertinggi ketiga dari semua calon PPP di dapil tersebut.

6. Ayu Azhari

Aktris peran Ayu Azhari terancam gagal menjadi anggota DPR RI karena perolehan suaranya baru 2.896 suara. Ayu Azhari yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) bersaing di Dapil DKI Jakarta I. Perolehan suaranya masih tertinggal jauh dari Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio yang mencapai 27.001 suara.

7. Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo termasuk salah satu artis caleg yang terancam tak jadi anggota DPR RI. Diusung oleh Partai Perindo, Vicky Prasetyo bersaing di Dapil Jawa Barat VI. Perolehan 2.047 suara Vicky Prasetyo sebenarnya tertinggi di antara caleg Perindo lain. Namun angka tersebut belum bisa mengantar sang gladiator menjadi perwakilan rakyat di Senayan.

8. Ucok Baba

Usnan Batubara alias Ucok Baba ternyata ikut meramaikan bursa caleg Pemilu 2024. Maju bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ucok Baba bertarung di Dapil Banten II. Perolehan suara Ucok Baba hanya 699 suara. Angka tersebut merupakan tertinggi keempat dari semua caleg PPP di dapil tersebut.

9. Giring Ganesha

Langkah Giring Ganesha maju ke Senayan kembali tersandung treshold parpolnya. Giring beradu di Dapil Jawa Barat I dan memperoleh 15.080 suara. Meski tertinggi di antara caleg PSI lain, langkah mantan vokalis Nidji ini tetap terhenti karena syarat batas ambang suara partai.

10. Venna Melinda

Venna Melinda menjadi nama terakhir yang kemungkinan besar gagal masuk sebagai anggota DPR RI. Sebenarnya suara Venna di Dapil Jawa Timur VI merupakan yang tertinggi dibandingkan caleg Perindo lainnya, yakni 10.955. Namun suara Perindo yang gagal menembus 4 persen membuat perolehan suara Venna sia-sia. (dp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!