Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Alam Lestari

Bali Hotels Association Dukung Aksi Peduli ‘Sungai Watch’

Tanggulangi Polusi Sampah Plastik

LINDUNGI SUNGAI: Direktur Bali Hotels Association memasang instalasi penahan sampah di sungai Ayung. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Bali Hotels Association (BHA) menunjukkan komitmen kuatnya terhadap keberlanjutan lingkungan dengan mendukung Sungai Watch dalam upaya melawan polusi plastik di Bali.

Melalui acara penggalangan dana pada bulan Desember 2023, BHA berhasil mengumpulkan dana yang sangat dibutuhkan untuk peluncuran instalasi penghalang sampah di Sungai Ayung di Mengwi, Badung, yang menjadi langkah besar untuk melindungi lingkungan Bali.

Gary Bencheghib, tokoh penting di Sungai Watch, menyampaikan kebutuhan mendesak untuk mengubah cara Bali mengelola limbahnya.

Dia menggarisbawahi peran kunci industri perhotelan, yang diwakili oleh Bali Hotels Association, dalam membentuk masa depan yang berkelanjutan untuk Pulau Bali.

Penghalang sampah yang dipasang di Sungai Ayung menjadi suatu langkah strategis dan nyata untuk mengatasi banyaknya tempat pembuangan sampah terbuka di sepanjang sungai, yang mencemari Sungai Yeh Poh dan bermuara di Berawa.

Upacara pemasangan instalasi penghalang sampah oleh BHA dan Sungai Watch ini tidak hanya menandai tonggak sejarah dalam menjaga keindahan alam Bali, tetapi juga menjadi simbol penting untuk memicu diskusi lebih lanjut tentang masalah serius sampah plastik.

John T. G. Nielsen, Board Member for Sustainability di BHA, menyampaikan, “Menjaga lingkungan Bali sekarang merupakan prioritas utama bagi semua orang, dan khususnya di sektor pariwisata. Kami berterima kasih atas dukungan dari anggota BHA dan upaya luar biasa dari Sungai Watch untuk turut melindungi alam Bali.”

Kolaborasi antara Bali Hotels Association dan Sungai Watch menjadi contoh nyata tentang dampak positif yang dapat dicapai ketika dunia usaha bersatu untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Hal ini pun merupakan bukti komitmen BHA dalam mengembangkan industri pariwisata yang berkelanjutan dan bertanggung jawab di Bali.

Joel Bartlett, Finance & Business Development di BHA, menyatakan kebanggaan dan antusiasmenya terhadap kerjasama BHA dengan Sungai Watch.

“Saya bangga dan gembira bahwa BHA bekerja sama dengan Sungai Watch untuk mendukung pembersihan sistem sungai di Bali dengan menyediakan sistem penghalang untuk menghentikan aliran polusi plastik yang masuk ke sistem sungai.”

Namun, BHA tidak berhenti pada keberhasilan ini. Tahun 2024 menjadi tahun di mana BHA bertujuan untuk terus memperkuat dampak positifnya, memperdalam kerjasama, dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat Bali.

Prestasi membanggakan BHA pada tahun 2023 adalah berhasil pengalihan lebih dari 31 ton sampah makanan melalui praktik keberlanjutan yang dilakukan anggota BHA, sehingga menghasilkan 133.000 porsi makanan yang disajikan kepada masyarakat setempat yang membutuhkan.

Franklyn Kocek, Wakil Ketua Bali Hotel Association, menegaskan bahwa Bali Hotels Association terus mendukung pemerintah lewat program-programnya yang berfokus pada perlindungan budaya, pelayanan terhadap wisatawan, dan infrastruktur di Bali. “Kami berkomitmen untuk terus membina kolaborasi, upaya keberlanjutan, dan perubahan positif di komunitas lokal Bali. Bersama mitra kami, Bali Hotels Association siap untuk mewujudkan Bali yang lebih bersih, sehat dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.”(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!