Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Karya Melaspas di Pura Desa Batulumbang, Terima 1.2 M

Dihadiri Sekda I Wayan Adi Arnawa

UPAKARA: Sekda I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri karya melaspas, mendem pedagingan, Rsi Gana di Pura Desa, Banjar Batulumbang, Desa Adat Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal

 


BADUNG, Balipolitika.com-
Mewakili Bupati Badung, Sekda I Wayan Adi Arnawa menghadiri serangkaian karya melaspas, mendem pedagingan, Rsi Gana di Pura Desa, Banjar Batulumbang, Desa Adat Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Sabtu, 6 Januari 2024.

Karya yang dipuput Ida Pedanda Griya Gede Abiansemal ini turut dihadiri perwakilan Camat Abiansemal, Perbekel Desa Sangeh, Bendesa Adat Gerana, tokoh muda Made Dendy Astra Wijaya dan krama pengempon Pura setempat.

Dalam kesempatan tersebut sebagai wujud dukungan Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana BKK Pemkab Badung tahun 2023 secara simbolis sebesar Rp.1.256.050.000 untuk pembangunan fisik Pura Desa yang diterima langsung ketua panitia karya.

Dalam sembrama wacananya Sekda Adi Arnawa menyampaikan apresiasi kepada krama pengempon Pura Desa dimana dengan jumlah pengempon hanya dua (2) banjar sudah mampu melaksanakan karya dengan semangat gotong royong dan tulus iklas.

“Saya berharap upacara ini bisa berjalan lancar karena ini adalah satu wujud ungkapan terima kasih kita kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Melalui kegiatan Karya ini juga semoga kita selalu dianugerahi kesehatan dan kerahayuan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa Tuhan Yang Maha Esa. Saya minta juga untuk selalu menjaga persatuan dan keamanan karena Desa Sangeh yang merupakan daerah pariwisata, maka dari itu keamanan menjadi mutlak diperlukan untuk membuat tamu yang datang merasa nyaman dan betah datang ke Kabupaten Badung,” ujarnya.

Pihaknya selalu berkomitmen untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam kegiatan adat, agama, seni, dan budaya.

Pemerintah akan selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk meringankan beban masyarakat, mudah-mudahan dengan kegiatan upacara ini juga salah satunya untuk menarik para wisatawan baik lokal maupun internasional datang ke Bali khususnya ke Kabupaten Badung.

“Karena bagaimanapun juga PAD di Kabupaten Badung salah satunya bersumber dari sektor pariwisata,” imbuhnya.

Sementara prawartaka karya I Nyoman Suwija menyampaikan terima kasih kepada Sekda Badung yang sudah hadir sebagai upasaksi dalam pelaksanaan karya di Pura Desa ini.

Dilaporkan juga dudonan karya hari ini dilaksanakan secara kecil dulu karena masih banyak bangunan yang masih dalam tahap pembangunan.

Selanjutnya di tahun 2025 akan dilaksanakan upacara yang lebih besar daripada saat ini, untuk itu pihaknya berharap Pemerintah untuk selalu hadir membantu sehingga pelaksanaan karya dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan krama pengempon pura.(bp/luc)

 

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!