Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Agama

Suiasa Hadiri Ngenteg Linggih di Pura Hyang Tangkas Kori Agung

Wujud Bakti Sekaligus Membayar Hutang kepada Leluhur

UPAKARA: Wabup Ketut Suiasa menghadiri Karya ngenteg linggih, pedudusan alit, ngeresigana dan mecaru panca rupa di Pura Hyang Tangkas Kori Agung Pratisentana Arya Kanuruhan Banjar Adat Canggu, Desa Canggu, Kuta Utara, Jumat, 22 Desember 2023. 

 

 

BADUNG, Balipolitika.com- Wabup Ketut Suiasa menghadiri Karya ngenteg linggih, pedudusan alit, ngeresigana dan mecaru panca rupa di Pura Hyang Tangkas Kori Agung Pratisentana Arya Kanuruhan (Brangsinga, Tangkas dan Pengatepan) Banjar Adat Canggu, Desa Canggu, Kuta Utara, Jumat, 22 Desember 2023.

Karya yang di puput Ida Peranda  Gede Ngurah Putra Keniten Geria Kediri Sangeh, Ida Pedanda Sikara dari Griya Buda Saraswati kediri Tabanan , turut dihadiri Bendesa Adat Berawa Ketut Riana, Pengurus Pesemetonan Tangkas Kori Agung se-Badung dan pengempon pura.

Wabup Suiasa dalam sambrama wacananya mengucapkan puji syukur dan terima kasih kepada seluruh Pratisentana Tangkas Kori Agung Banjar Canggu karena sudah melaksanakan Yadnya Ngenteg Linggih, padudusan Alit, Ngeresigana dan Mecaru Panca Rupa.

Karya Ngenteg Linggih ini merupakan wujud bakti sekaligus membayar hutang kepada leluhur atau betara kawitan secara niskala.

Sebagai bentuk dukungan Pemkab selalu hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memberi dorongan dan motivasi.

“Sudah menjadi Komitmen Pemkab Badung dan saya selaku Wakil Bupati mewakili Pemerintah selalu mendorong masyarakat dan khususnya warga Pratisentana Tangkas Kori Agung untuk selalu ngerastiti bakti melalui pelaksanaan yadnya sehingga Ida Sang Hyang Widhi Wasa senantiasa memberikan keselamatan untuk kita semua dan  jagat Badung,” ujarnya.

Ketua panitia Karya Ngenteg linggih Ketut Sumiana menyampaikan terima kasih kepada Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa sekaligus sebagai Ketua Umum Pratisentana Tangkas Kori Agung serta pengurus karena sudah hadir pada puncak karya ngenteg linggih.

“Saya berharap dengan terlaksananya karya ngenteg linggih ini Ida Sang Hyang Widhi dan para leluhur melimpahkan rahmatnya kepada Jagat Badung dan  Pratisentana Tangkas Kori Agung semakin kuat dan bersatu,” ucapnya.(bp/luc)

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!