Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Tembus Rp60 Ribu, Alam Ganjar Ajak Anak Muda Tanam Coklat

POTENSI BISNIS: Putra Calon Presiden RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo, Muhamad Zinedine Alam Ganjar tinjau perkebunan Cau Coklat di Desa Tua, Marga, Tabanan, Provinsi Bali, Senin, 18 Desember 2023.

 

TABANAN, Balipolitika.com Putra Calon Presiden RI nomor urut 3, Ganjar Pranowo, Muhamad Zinedine Alam Ganjar tinjau perkebunan Cau Coklat di Desa Tua, Marga, Tabanan, Provinsi Bali, Senin, 18 Desember 2023.

Alam Ganjar melihat langsung proses produksi perkebunan, baik fermentasi dan pengeringan maupun proses menanam coklat yang benar dalam segi pemupukan.

Dalam tinjauannya, Alam Ganjar memanen langsung coklat sekaligus merasakan manis buah coklat dari perkebunan tersebut.

Majunya perkebunan coklat dan hasil panen yang menggiurkan membuat Alam Ganjar mengajak generasi Z di Bali segera terjun menggeluti bisnis perkebunan coklat.

Generasi Z ungkapnya bisa dilakukan bertahap dengan memanfaatkan lahan-lahan tak produktif di desa masing-masing.

Ditambahkannya kualitas coklat di Indonesia, khususnya Bali sangat baik, pasarnya bagus, namun sayangnya belum digarap optimal.

“Coklat di Indonesia sangat bagus sekali dan pasarnya sangat besar. Ke depan kita akan buat di Indonesia konsumsi coklat seperti mengonsumsi kopi,” ujarnya pada Senin, 18 Desember 2023.

Alam Ganjar menambahkan untuk memajukan para petani coklat diperlukan edukasi belajar secara holistik untuk mengetahui bagaimana coklat diproduksi.

“Edukasi untuk petani coklat sangat penting sekali, dan petani bisa datang ke Cau Coklat yang sudah menjadi settle edukasi coklat,” ujarnya.

Sementara itu, pemilik Cau Coklat, Kadek Surya mengatakan sejatinya Indonesia menjadi importir coklat untuk dunia dan kebutuhannya sangat tinggi.

Oleh sebab itu, petani muda di Tabanan harus bersemangat menanam coklat dan harga coklat sekarang tembus Rp60 ribu.

“Saya harap dengan kunjungannya Alam Ganjar ke Cau Coklat bisa mengubah mindset para generasi Z dan menjadi corongnya petani muda,” tandasnya.

Alam Ganjar menambahkan seluruh stakeholder harus lebih peduli lagi dengan petani, baik dengan memberikan akses bantuan pupuk, binaan atau pendampingan untuk memajukan para petani muda di Bali maupun Indonesia. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!