Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Fapet Unud Berkolaborasi dengan Fapet Unram

Amancio Nicolas Agri-Tourism Academy Inc., dan UNTL Timor Leste Gelar Pengabdian Internasional

Fapet Unud Berkolaborasi dengan Fapet Unram; Amancio Nicolas Agri-Tourism Academy Inc., dan UNTL Timor Leste Gelar Pengabdian Internasional

 

LOMBOK TENGAH Balipolitika.com- Fakultas Peternakan Universitas Udayana (Fapet Unud) melaksanakan Pengabdian Internasional 2023 dengan tema “Potential for Development of Cattle in Mandalika as Agrotourism”. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Fapet Unud dengan Fapet Universitas Mataram (Unram), Amancio Nicolas Agri-Tourism Academy Inc. Philippina, Fakultas Pertanian Universidade Nacional Timor Lorosa’e (UNTL) Timor Leste. Pengabdian dilaksanakan di Kelompok Tani Ternak Setia Kawan, Dusun Serenang Desa Mertak, kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (Sabtu, 9 Desember 2023). Pelaksanaan pengabdian diketuai oleh Dr. Ir. A. A. A. Sri Trisnadewi, M.P., dan dengan peserta dari dosen Fapet Unud ( 22 orang), petani peternak (50 orang), PPL (2 orang), Dosen Fapet Unram (12 orang).

Menghadirkan 4 orang narasumber yang mumpuni dibidangnya yaitu: Noemi C. Lianco, B.Sc., M.Sc. (Cattle Farming as a Potential Agrotourism), Ir. Zeferino Viegas Tilman, L.Agp., M.Appl.Sc., IPM. (Manajemen Peternakan Sapi yang Menguntungkan), Dr. Ir. Lalu Wira Pribadi, M.Si. (Perkembangan Ternak Sapi di Mandalika), dan Dr. Ir. Budi Rahayu Tanama Putri, SPt., M.M., IPU., ASEAN.Eng (Konsep Agrowisata untuk Meningkatkan Pendapatan Peternak).

Dalam sambutannya Ketua Panitia menyampaikan terimakasih atas semua pihak yang telah berperan sehingga pengabdian bisa terlaksana dan tujuan dari dilaksanakan pengabdian ini. “Jadi pengabdian ini merupakan pengabdian kerjasama antara 4 fakultas dari 3 negara yang pertama dari Universitas Udayana, kemudian dari Universitas Matara, Amancio Nicolas Agri-Tourism Academy Inc. Philippina, dan Universidade Nacional Timor Lorosa’e. Ini merupakan satu hal yang sangat penting karena kita bisa bekerjasama walaupun dalam waktu relative singkat. Kepada semua pihak saya ucapkan terimakasih, dan saya harapkan mudah-mudahan kerjasama ini bisa berlanjut”, ungkap Dr. Trisnadewi. Kemudian apa yang diberikan oleh narasumber akan memberikan manfaat juga kepada bapak-bapak anggota kelompok Tani Ternak Setia Kawan. Jadi kami mengambil tema karena ini daerah wisata dan mandalika sedang populernya, sehingga kami harapkan dengan kegiatan ini potensi peternakan bisa terangkat, kemudian potensi peternakan terutama sapi juga akan mampu mendukung pariwisata di Mandalika”, sambungnya. Diakhir acara dilakukan penandatanganan berita acara pelaksanaan kegiatan dan penyerahan sertifikat kepada para narasumber. (dp/Unud.ac.id)

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!