Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Aduh, Ada Bule Semedi Telanjang di Bali

BUGIL: Beredar vidio seorang pria berkebangsaan asing bersemedi dalam kondisi telanjang bulat.

 

DENPASAR, Balipolitika.com– Edukasi terhadap para wisatawan mancanegara seperti harus makin digalakkan.

Khususnya perihal ketelanjangan. Jika wisatawan asing melakukan aktivitas telanjang bulat dilakukan di Perancis, Kroasia, Belanda, Florida, Spanyol, atau Jerman tentu tidak masalah.

Aturan di sejumlah tempat di negara-negara tersebut memperbolehkan seseorang telanjang di depan umum karena memandang hal itu sebagai hak asasi tiap individu.

Berbeda halnya dengan Indonesia, khususnya Bali yang tidak membenarkan alias menabukan aktivitas telanjang di depan publik.

Barangkali karena tidak paham tentang perbedaan budaya tersebut, seorang Warga Negara Asing (WNA) siap-siap akan diusir dari Bali.

Pasalnya, turis berjenis kelamin laki-laki tersebut terekam telanjang bulat sambil bersemedi di depan sebuah pelinggih yang oleh masyarakat Bali sangat disakralkan.

Walhasil video berdurasi 13 detik yang pertama kali dishare salah seorang pemerhati sosial, Ni Luh Djelantik, Minggu, 1 Oktober 2023 memancing kehebohan.

Polisi pun bergerak. Diketahui Polda Bali langsung melakukan penyelidikan terkait lokasi tempat adegan 13 detik semedi telanjang itu terjadi.u

Diketahui dalam video itu, bule tanpa busana tengah duduk bersila di depan pelinggih pura yang berisi pancoran air.

Kasubdit V Tindak Pidana Siber Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Nanang Prihasmoko menerangkan pihaknya sedang mendalami video telanjang itu sekaligus menelusuri identitas si turis.

Nanang Prihasmoko juga menyebut pihaknya akan memastikan ada atau tidaknya tindak pidana dalam kejadian ini.

“Kami cek dulu, apakah ada pidananya di situ. Polda Bali akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi untuk berkolaborasi mengungkap kasus ini, ” tutup mantan Kapolsek Denpasar Selatan itu. (sat/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!