Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

PPK Ormawa Himpunan Mahasiswa FT Unud Dampingi Kader Digital Desa Gunaksa

PENGABDIAN: Tim Pelaksana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Mesin, Universitas Udayana (PPK ORMAWA HMM Unud) dampingi kader digital terkait pelayanan masyarakat di Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Minggu, 20 Agustus 2023.

 

KLUNGKUNG, Balipolitika.com- Tim Pelaksana Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Mesin, Universitas Udayana (PPK ORMAWA HMM Unud) melakukan pendampingan kader digital terkait pelayanan masyarakat di Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Minggu, 20 Agustus 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Gunaksa, dosen pembimbing Tim Pelaksana PPK Ormawa HMM Unud, sekretaris desa, Kader Digital Desa Gunaksa, KBD, dan perangkat desa.

“Kami berharap Desa Gunaksa dapat menjadi pilot project yang dapat menginisiasi desa-desa di Kabupaten Klungkung ikut menerapkan konsep digitalisasi dalam pelayanan masyarakat. Kami sangat mendukung dan program ini” ujar I Wayan Sadiarna, Kepala Desa Gunaksa.

Dalam kegiatan ini mahasiswa menyampaikan tahapan dan mekanisme layanan digital serta tahapan tahapan yang dirancang dalam melakukan layanan kependudukan di Desa Gunakasa secara digital.

Dalam pendampingan ini, Perbekel Desa Gunakasa beserta kader digital secara bersama-sama melakukan pencermatan terhadap layanan digital yang dikembangkan, sehingga membantu meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan masyarakat Gunaksa.

Dalam kegiatan pendampingan terjadi diskusi dua arah. Banyak masukan yang disampaikan oleh pihak desa terkait alur layanan dan tahapan maupun ketentuan ketentuan layanan yang diminta untuk di tuangkan dalam sistem digital.

Dalam kegiatan ini juga hadir dosen pembimbing yang juga menyampaikan bahwa pendampingan ini akan bisa dilakukan lagi dalam beberapa kali untuk mensimulasikan sistem digital layanan yang dikembangkan.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi terhadap program ini. Pada sesi diskusi peserta yang hadir aktif bertanya mengenai fitur layanan yang tersedia, alur surat, dan memberikan banyak masukan kepada Tim Pelaksana PPK Ormawa mengenai bagaimana sistem pelayanan yang saat ini ada di Desa Gunaksa dan bagaimana menyinkronkannya dalam program Tim Pelaksana PPK Ormawa. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!