Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Tiga Anak Buah KM Mekar Gloria Utama Nyebur ke Laut

Loncat dari KM Nusantara Jaya 33, Satu Terdampar, Dua Hilang

PROSES PENCARIAN: Tim Basarnas Bali lakukan pencarian dua Anak Buah Kapal (ABK) KM Mekar Gloria Utama yang nyebur ke laut dari KM Nusantara Jaya 33 di Perairan Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali, Minggu, 27 Agustus 2023.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Peristiwa yang tidak wajar terjadi di Perairan Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali, Minggu 27 Agustus 2023.

Tanpa sebab yang jelas, tiba-tiba tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) KM Mekar Gloria Utama nyebur ke laut dari atas KM Nusantara Jaya 33.

Salah seorang ABK bernaama Sakim berusia 24 tahun ditemukan karena terdampar. Sementara dua lainnya, yakni Amat Maulana (27 tahun) dan Muhammad Jodi (23 tahun) berstatus hilang dan hingga kini masih dalam pencarian.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) I Nyoman Sidakarya menyatakan, pihaknya menerima laporan dari Made Yudiarta berstatus Kabag Operasional PT Putra Jaya Kota sekitar pukul 14.05 Wita.

Dilaporkan bahwa ada tiga orang ABK KM Mekar Gloria Utama nyebur ke dalam laut secara tiba-tiba.

Menindaklanjuti laporan itu, Basarnas Bali memberangkatkan 4 personil menuju Dermaga KN SAR Arjuna 229.

Sesampainya di lokasi, sebanyak 6 personil bergerak melakukan pencarian di seputaran lokasi kejadian menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) 02.

Kemudian pada pukul 15.00 Wita menyusul pergerakan tim dari Dit Polair Polda Bali dengan menggunakan speed boad. 

Saat pencarian, salah satu di antaranya ditemukan selamat terdampar di Perairan BTDC Nusa Dua.

“Kata Sakim, dia dan rekan-rekan total 5 orang ABK KM Mekar Gloria Utama dititipkan ke KM Nusantara Jaya 33 yang hendak kembali berlabuh di Benoa,” tuturnya mengutip keterangan Sakim.

Namun ketika lego jangkar menunggu izin memasuki pelabuhan, Sakim dan dua orang melompat ke laut.

“Mereka bertiga orang yang melompat ke laut sekitar pukul 03.00. Korban yang belum ditemukan atas nama Amat Maulana, dan Muhammad Jodi. Tujuan mereka cemburu ke laut masih didalami,” tambahnya.

Sakim ditemukan oleh petugas keamanan setempat, dan selanjutnya dibawa untuk dimintai keterangan oleh petugas Polair Pelabuhan Benoa terkait kronologis kejadian.

“Upaya pencarian dihentikan sementara dengan hasil nihil, sekitar pukul 18.00,” terangnya sembari menambahkan, pencarian rencananya akan kembali dilanjutkan Senin, 28 Agustus 2023. (sat/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!