Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Jaga Mutu, FIB Unud Gelar Workshop Perubahan SPMI

MUTU PENDIDIKAN: Pemparan materi kedua oleh narasumber Sri Lestari, S.S.,M.Si., (Foto Ayu Candra/FIB Unud)

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, selenggarakan workshop perubahan SPMI Universitas Udayana yang diselenggarakan secara hybrid melalui cisco webex meeting dan luring di Ruang Prijono, Gedung Poerbatjaraka, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana, Rabu, 26 Juli 2023.

Workshop yang dihadiri oleh seluruh Koordinator Porgram Studi Fakultas Ilmu Budaya serta TPPM Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana itu berlangsung semarak.

Hadir pula Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S.,M.Hum., yang unjuk serta memberikan prakata dan sekaligus membuka acara workshop SPMI.

Jelas Prof. Satyawati workshop dengan genre demikian harus digalakkan guna untuk memberikan wawasan serta informasi terbaru dalam terus meningkatkan mutu pendidikan dalam dunia perkuliahan.

Menurutnya yang hendak menjadi sorotan saat ini adalah pembentukan Kartu Rencana Studi yang didalamnya memuat mata kuliah-mata kuliah dalam perkuliahan untuk setiap prodi, agar dunia pendidikan dalam perkuliahan dapat betul-betul memberi arti yang mendalam bagi mahasiswa untuk dapat menyelami luasnya ilmu pengetahuan itu sendiri.

“Workshop seperti ini memang harus terus digalakkan, agar kita semua dapat terus menyerap informasi demi menambah wawwasan baru mengenai strategi apa yang mesti diupayakan, untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam perkuliahan. Saya rasa kita di FIB Unud, juga banyak yang harus dibenahi terutama mengenai mata kuliah yang ada perlu dikerucutkan dan dipadatkan lagi agar mutu perkuliahan tidak terlewat begitu saja tetapi memang benar-benar memberi dampak pengetahuan yang dalam untuk mahasiswa,” tegasnya.

SPMI atau Standar Penjaminan Mutu Internal merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk meningkatkan mutu Pendidikan pergurua tinggi secara berkelanjutan.

Hal ini juga tuurt ditegaskan oleh narasumber pertama yaitu Silvia Damayanti, S.S.,M.Hum., atau yang akrab dipanggil Bu Silvia di lingkungan FIB Unud.

Dalam pemaparannya beliau juga turut memaparkan secara rinci hal-hal mendasar yang menjadi ruang lingkup SPMI atau Standar Penjaminan Mutu Internal yang dikelola secara otonom oleh masing-masing perguruan tinggi.

Hal tersebut sontak memantik antusiasme para peserta workshop untuk berdiskusi lebih dalam mengenai SPMI yang nantinya akan diimplementasikan langsung dalam proses perkuliahan.

Diskusi yang berjalan hangat juga berlangsung hingga pemaparan materi kedua, oleh narasumber Sri Lestari S.S.,M.Si., yang memaparkan materi mengenai implementasi SPMI dalam perkuliahan.

Sri Lestari merinci hal-hal yang dapat menjadi terobosan baru sebagai implementasi pelaksaan SPMI baru Universitas Udayana.

Workshop ini diselenggarakan sebagai sebuah bentuk sosialisasi untuk seluruh tenaga pendidik di FIB Unud, untuk bisa meningkatkan mutu pendidikan dalam perkuliahan terutama dalam kurikulum dan juga pembenahan pembentukan KRS dalam perkuliahan. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!