Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Aneh, LPG Melon Langka, Satgas Sebut Isu Hoaks

JELANG GALUNGAN DAN KUNINGAN: Tim Satgas Pangan menggelar sidak pendistribusian gas subsidi 3 kg di sejumlah agen di Denpasar, Kamis, 27 Juli 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Masalah kemiskinan, kasus rabies, demam berdarah, HIV/AIDS, kriminalitas, macet, koflik tanah, alih fungsi lahan, dan lain-lain seolah tak berkesudahan di Bali, namun yang dipikirkan oleh pucuk pimpinan di Pulau Dewata terlampau jauh, yakni 100 tahun ke depan.

Teanyar beredar isu ada kelangkaan LPG (elpiji) 3 kg subsidi menjelang hari raya Galungan dan Kuningan. Lewat pantauan di sejumlah warung, LPG melon ini memang langka.

Banyak warga yang ke sana ke mari mencari LPG melon pada Kamis, 27 Juli 2023, khususnya di wilayah Sanur namun tak berhasil.

Di sisi lain, Tim Satgas Pangan Polresta dan Dinas Perikanan, Ketahanan, Pangan Kota Denpasar melakukan sidak pendistribusian gas LPG subsidi 3 kg di sejumlah agen yang ada di Denpasar, Kamis, 27 Juli 2023. Mereka mengklaim isu yang beberapa hari ini beredar di masyarakat, hoaks padahal di lapangan masyarakat kalang kabut.

Tampak hadir Kadisperindag Kota Denpasar Nyoman Sri Utari, perwakilan Pertamina Rayon 2 Bali Aris, Kanit Tipidter Iptu Abdul Hamid Harip. SPBE, dan sejumlah agen penyediaan gas LPG menjadi sasaran pengecekan tim, di antaranya agen PT. Putra Bisma Jaya, Jalan Waribang No. 111 Denpasar Timur, PT. Mirah dan PT. Gas Kencana Sari di Jalan Sekar Tunjung Denpasar, PT. Usaha Sinar Sejati, dan PT. Raramas di jalan Tegal Dukuh Penamparan Denpasar. Tim satgas juga berkoordinasi dengan SPBE Sanggaran dan SPBE di Jalan Gatot Subroto Denpasar.

Dari pengecekan tim di lapangan sejauh ini stok gas LPG khusus 3 kg yang banyak digunakan warga masih tersedia dan dari agen tidak ada masalah serta tidak ada pengurangan alokasi distribusi gas LPG.

Terpisah Kapolresta Denpasar Kombespol Bambang Yugo Pamungkas membenarkan tim gabungan dikerahkan ke lapangan.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai upaya antisipasi kelangkaan ketersediaan gas LPG jelang Galungan dan Kuningan.

“Antisipasi permintaan yang berlebihan jelang hari raya Galungan dilakukan pengecekan stok gas LPG di SPBE maupun agen,” ucap Kombes Bambang sembari menyebut tidak ada kelangkaan gas LPG seperti isu yang beredar di masyarakat.

Terangnya berdasarkan keterangan sejumlah agen setelah mereka mendapatkan distribusi gas LPG langsung dikirim ke pangkalan dan dari pangkalan didistribusikan ke penjual.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan Pertamina Rayon 2 Bali untuk menambah kuota penyaluran gas LPG untuk agen di Kota Denpasar,” tambahnya.

Kapolresta juga mengimbau kepada pihak-pihak terkait dan masyarakat agar tidak khawatir dengan ketersediaan stok gas LPG.

Bebernya saat ini stok LPG untuk di Kota Denpasar masih mencukupi. Pertamina juga telah memberikan tambahan alokasi gas LPG. Selain itu tim satgas pangan terus memantaunya.

Sementara itu salah satu pemilik Agen PT. Putra Bisma Jaya Gusti Made Muliawan mengatakan pendistribusian berjalan dengan normal.

Jika ada keterlambatan jelasnya itu disebabkan karena kemacetan armada di jalan raya.

“Seperti yang terjadi di jalan By Pass Ngurah Rai Depan Matahari Terbit Sanur, pihaknya juga memastikan pendistribusian tidak ada hambatan,” klaimnya. (sat/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!