Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

AA Gede Raka Budayasa Doktor Ke-386 FK Unud

GELAR AKADEMIK: Kandidat promovendus, dr. Anak Agung Gede Raka Budayasa, Sp.OG, Subsp.KFm berhasil mempertahankan disertasi dalam ujian promosi doktor di Ruang Dr. Anak Agung Made Djelantik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar, Selasa, 20 Juni 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.comKandidat promovendus, dr. Anak Agung Gede Raka Budayasa, Sp.OG, Subsp.KFm berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Kadar Interleukin-1β, Interleukin-8 dan Sialidase Cairan Vagina yang Tinggi pada Ibu Hamil dengan Bacterial Vaginosis sebagai Faktor Risiko Terjadinya Kegagalan Pengobatan dengan Metronidazol” dalam ujian promosi doktor di Ruang Dr. Anak Agung Made Djelantik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar, Selasa, 20 Juni 2023.

Dijelaskan pada dua dasa warsa terakhir, prevalensi kegagalan pengobatan bacterial vaginosis (BV) dengan metronidazol semakin meningkat, terlebih pada ibu dengan usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Kondisi ini berhubungan dengan peningkatan risiko morbiditas dan mortalitas baik maternal maupun perinatal.

Penyebab kegagalan pengobatan belum diketahui pasti. Kegagalan pengobatan ini diduga berhubungan dengan virulensi kuman yang ditandai dengan peningkatan respon imun dan faktor virulensi kuman yang ditandai masing-masing oleh kadar IL-1β, IL-8 dan enzim sialidase. Studi ini bertujuan untuk membuktikan bahwa kadar IL-1β, IL-8 dan sialidase yang tinggi pada cairan vagina ibu hamil dengan BV merupakan faktor risiko terjadinya kegagalan pengobatan dengan metronidazol.

Penelitian observasional nested case control study, dilakukan di Poliklinik Kebidanan RSUD Sanjiwani sejak bulan Juli sampai September 2022. Sampel adalah ibu hamil usia kehamilan kurang 20 minggu tunggal hidup dengan BV dan bahan pemeriksaan adalah cairan vagina.

Sejumlah 52 sampel ibu hamil dengan infeksi BV yang diobati dengan metronidazol dibagi atas dua kelompok ekual yaitu 26 sampel mengalami kegagalan pengobatan sebagai kelompok kasus dan 26 sampel mengalami kesembuhan sebagai kelompok kontrol.

Pemeriksaan kadar IL-1β, IL-8 dan sialidase dilakukan dengan teknik ELISA di Unit Laboratorium Biomedik Terpadu FK Universitas Udayana Bali. Data dianalisis dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21.

Pada penelitian ini didapatkan ibu hamil terinfeksi BV dengan kadar IL-1β, IL-8 dan sialidase yang tinggi memiliki risiko terjadinya kegagalan pengobatan dengan metronidazol masing-masing sebesar 7,93, 3,6 dan 5,12 kali lebih tinggi dibandingkan dengan ibu hamil dengan kadar IL-1β,IL-8 dan sialidase yang rendah.

Dengan analisis multivariat didapatkan faktor yang berperan dalam kegagalan pengobatan adalah kadar IL-1β dan sialidase yang tinggi dengan adjusted odd ratio masing-masing adalah 8,61 dan 7,43, sedangkan kadar yang tinggi IL-8 tidak bermakna sebagai faktor riko kegagalan pengobatan (p = 0,119).

Kebaruan penelitian (Novelty) dari penelitian ini adalah belum ada publikasi sebelumnya mengenai penggunaan pro-inflammatory cytokine IL-1β, IL-8 dan faktor virulensi kuman yaitu sialidase yang diambil dari cairan vagina untuk melakukan analisis adanya hubungan dengan kegagalan pengobatan BV dengan metronidazol. Hasil penelitian mendapatkan kadar yang tinggi IL-1β dan sialidase, sebagai faktor risiko kegagalan pengobatan dengan metronidazol merupakan temuan baru.

Implikasi hasil penelitian ini adalah terbuktinya adanya kuman dengan virulensi tinggi mengakibatkan reaksi inflamasi dan respon imun yang tinggi, ditandai dengan dengan kadar IL-1β, IL-8 yang tinggi dan adanya faktor virulensi bakteri yang ditandai dengan kadar sialidase yang tinggi pada cairan vagina ibu hamil sebagai faktor risiko kegagalan pengobatan metronidazol pada kasus BV.

Teori ini dapat menerangkan kegagalan pengobatan pada infeksi BV dan memperkuat teori yang sudah ada. Penelitian ini dapat menjadi dasar untuk dilakukan penelitian lanjutan dengan melakukan studi kohort untuk membuktikan apakah kadar IL-1β dan sialidase yang tinggi dapat menjadi prediktor kegagalan pengobatan dan uji klinik pengobatan infeksi BV pada ibu hamil dengan kombinasi metronidazol dengan obat anti inflamasi atau inhibitor sialidase dibandingkan metronidazol sendiri.

Ujian dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Dr. dr. I Gede Eka Wiratnaya, Sp.OT (K)., dengan tim penguji :

1. Prof. Dr. dr. Ketut Suwiyoga, Sp.OG., Subsp.Onk (Promotor)

2. Prof. drh. I Nyoman Mantik Astawa, Ph.D (Kopromotor I)

3. Dr. dr. I Nyoman Gede Budiana, Sp.OG., Subsp.Onk (Kopromotor II)

4. Prof. Dr. dr. I Made Bakta, Sp.PD-KHOM

5. Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes

6. Prof. Dr. dr. John J. E. Wantania, Sp.OG(K)

7. Dr. dr. Desak Made Wihandani, M.Kes

8. Dr. dr. A.A. Ngurah Jaya Kusuma, Sp.OG., Subsp.K.Fm,MARS

9. Dr. rer. nat. dr. Ni Nyoman Ayu Dewi, M.Si

10. Dr. dr. I Nyoman Wande, S.Ked., Sp.PK(K)

 

Sedangkan undangan akademik adalah :

1. Dr. dr. I Wayan Megadhana, Sp.OG., Subsp., Urogin.Re

2. Dr. dr. I Gede Megaputra, Sp.OG, Subsp., Urogin.Re

3 Dr. dr. Tjokorda Gde Agung Suwardewa, Sp.OG., Subsp., K.Fm

4. Dr. dr. I Nyoman Hariyasa Sanjaya, Sp.OG., Subsp, K.Fm

5. Dr. dr. I Wayan Artana Putra, Sp.OG., Subsp, K.Fm

Dr. dr. Anak Agung Gede Raka Budayasa, Sp.OG., Subsp.KFm., dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke- 386 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan predikat sangat memuaskan. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!