Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

FH Unud Sosialisasikan Penyusunan Peraturan Desa di Baturiti

MENGABDI: Fakultas Hukum Unud menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Sosialisasi Penyusunan Peraturan Desa” Sabtu, 11 Februari 2023 di Desa Baturiti, Kabupaten Tabanan.

 

TABANAN, Balipolitika.com- Fakultas Hukum Unud menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Sosialisasi Penyusunan Peraturan Desa” Sabtu, 11 Februari 2023 di Desa Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Kegiatan pengabdian ini menghadirkan 2 narasumber yakni Dr. Ni Luh Gede Astariyani, SH., MH. dan Made Nurmawati, SH., MH., dimoderatori oleh Nyoman Mas Aryani, SH., MH. serta dihadiri oleh Dekan Prof. Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa, S.H., M.Hum, Prebekel Desa Baturiti I Ketut Matra, Wakil Dekan I dan II FH Unud, para ketua dan perwakilan anggota Lab/Bagian, para guru besar, dosen, tenaga kependidikan FH Unud, Ketua dan anggota BPD Desa Baturiti, Ketua dan anggota LPM Desa Baturiti, Babinsa Desa Baturiti, Bhabinkamtibmas Desa Baturiti, Ketua TP PKK Desa Baturiti serta Perangkat dan Staf Desa Baturiti.

Para narasumber mengungkapkan hal yang perlu dibuatkan peraturan antar desa terkait, juga peraturan ini tidak hanya berfungsi menjalankan desa tetapi juga merupakan turunan dari Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi yang bersifat kongkrit, individual dan final. Peraturan Desa yang baik meliputi dan berisikan tertib kewenangan, tertib substansi, tertib prosedur dan tertib implementasi. Indikator keberhasilan dan kegagalan sebuah peraturan desa antara lain terjadi pada kewenangan, perencanaan, perlunya adanya pelatihan dan pemdampingan penyusunan peraturan desa, inovasi daerah, pendanaan, nilai sosial budaya, sosialisasi peraturan desa dari tahap perencanaan dan yang terakhir teknik pembentukan peraturan desa. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!