Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Unud Gelar Penutupan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound 2022

KAMPUS MERDEKA: Dalam rangka berakhirnya kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2 Inbound, Universitas Udayana (Unud) selenggarakan Penutupan PMM Batch 2 Inbound tahun 2022 bertempat di Aula Gedung Perpustakaan Kampus Jimbaran, Selasa, 27 Desember 2022.

 

JIMBARAN, Balipolitika.com Dalam rangka berakhirnya kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2 Inbound, Universitas Udayana (Unud) selenggarakan Penutupan PMM Batch 2 Inbound tahun 2022 bertempat di Aula Gedung Perpustakaan Kampus Jimbaran, Selasa, 27 Desember 2022.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PMM Batch 2 Inbound yang telah menyelesaikan kegiatan PMM selama 1 semester di Universitas Udayana.

Melalui kegiatan ini, beberapa mahasiswa PMM Batch 2 Inbound Universitas Udayana juga berkesempatan mempersembahkan tari Bali Puspanjali serta tarian Nusantara.

Perwakilan mahasiswa PMM Batch 2 Inbound Unud Andrean menyampaikan bahwa banyak kesan yang didapatkan dari PMM Batch 2 di Universitas Udayana, baik dari sisi akademik, kebudayaan dan toleransi, serta pemahaman tentang karakter seseorang yang tentunya beragam dan berbeda.

Dari sisi akademik tentunya Universitas Udayana memiliki mahasiswa dan dosen yang unggul, sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat berjalan dengan sangat baik.

Dari sisi kebudayaan dan toleransi, mendapatkan pemahaman mengenai masyarakat dan kebudayaan Bali melalui program Modul Nusantara yang dibimbing oleh dosen-dosen hebat.

Lebih lanjut Andrean menyampaikan bahwa dengan mengikuti kegiatan PMM Batch 2 di Unud merubah banyak hal didirinya.

“Mengikuti PMM-DN Batch 2 di Universitas Udayana merupakan sebuah langkah dalam hidup saya yang sangat merubah hidup saya, karena kami dengan latar yang berbeda disatukan di satu tempat yang membuat kami benar-benar mempelajari arti kehidupan,” ujarnya.

Koordinator Merdeka Belajar Kampus Merdeka Unud Dr. I Ketut Sardiana dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak hal sudah berjalan baik suka maupun duka dan menjadi diskusi bersama dikarenakan terjadinya penyesuaian ditengah keberagaman.

PMM ini merupakan program strategis nasional dibidang pendidikan yaitu dari kegiatan Kampus Merdeka dengan diberikan kesempatan untuk bertukar selama 1 semester untuk memahami keberagaman.

Kegiatan PMM ini diikuti oleh 93 mahasiswa melalui Program PMM Batch 2 dan ada 7 Pertukaran Mahasiswa Mandiri dari Universitas Gadjah Mada sehingga ada total 100 mahasiswa yang bertukar selama 1 semester di Universitas Udayana yang berasal dari 44 Perguruan Tinggi asal di seluruh Indonesia.

Perwakilan Supervisor Wilayah Merdeka Belajar Kampus Merdeka PMM Dyah Ayu Yuli Murniyati dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2022 diikuti oleh 35.107 pendaftar.

Sasaran yang menjadi nilai tambah dari kegiatan PMM Batch 2 ini adalah mengeksplorasi dan mempelajari keberagaman nusantara, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah, dan memperkuat serta memperluas potensi akademik.

Sementara Kepala Biro Kemahasiswaan Unud Drs. I Ketut Kartika dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Tujuan dari PMM ini adalah untuk mengajak mahasiswa bagaimana caranya bertoleransi dengan bertemunya antar mahasiswa dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan latar belakang yang berbeda.

“Tentunya besar harapan, mahasiswa yang mengikuti PMM ini kedepannya yang nantinya menjadi seorang pemimpin-pemimpin bangsa yang tahu karakter bangsa dan dapat bertoleransi dengan keberagaman. Selain itu, Kepala Biro berharap agar mahasiswa yang mengikuti PMM dapat menginformasikan ke perguruan tinggi asalnya masing-masing bahwa budaya di Nusantara ini sangat banyak dan beragam,” pesannya. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!