Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Alam LestariSosial

Ikamaha Tanam Bibit Hortikultura dan Jahe Merah di Petang

MULIAKAN ALAM: Ikatan Alumni Universitas Mahasaraswati Denpasar menggelar aksi pengabdian masyarakat di Desa Petang, Badung.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Ikatan Alumni Universitas Mahasaraswati Denpasar (Ikamaha) menggelar pengabdian masyarakat berupa penanaman bibit hortikultura dan jahe merah di Dusun Tibah, Desa Petang, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, Sabtu (12/3). Kegiatan ini merupakan awal dari pembentukan demplot sebagai sarana demonstrasi dan edukasi bagi masyarakat di Desa Petang mengenai metode penanaman yang baik dalam jangka panjang.

Acara ini merupakan kerja sama banyak pihak. Di antaranya anggota Komisi IV DPR RI I Made Urip yang menyediakan bibit unggul durian, alpukat, dan manggis untuk lahan Demplot seluas tiga hektar dan PT Bast Regional Bali sebagai penyedia pupuk organik. Turut hadir Wakil Rektor III Unmas Denpasar, I Komang Budiarta, S.S., M.Pd yang mewakili Rektor Unmas Denpasar, Wakil Rektor II, Dekan Fakultas Pertanian, Ketua LPPM, Kepala Kantor di lingkungan Unmas Denpasar, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bali, perwakilan dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Badung, Ketua KADIN Tabanan, Ketua Perhumas Denpasar, Camat Petang, dan berbagai unsur Desa Petang seperti Kepala Desa Petang, Kelian Subak Mekar Sari, Pokdarwis Desa Petang, dan unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Ikamaha, I Gusti Lanang Patra Adiwirawan menyampaikan rasa terima kasih terhadap berbagai pihak yang memberi perhatian dan mensponsori acara sebagai wujud perhatian kepada pengembangan pertanian di desa. Selain itu, WR III Unmas menyampaikan apresiasi kepada pengurus Ikamaha karena sudah berbuat untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan tinggi.

“Beliau meminta hal semacam ini perlu terus dilakukan sehingga akan semakin menunjukkan peran alumni terhadap perguruan. Berbagai pihak yang hadir menyampaikan dukungannya pada kegiatan pengembangan demplot di Desa Petang, termasuk Ketua Kadin Tabanan yang menyatakan komitmennya untuk membantu petani untuk mendistribusikan produk pertanian di Desa Petang,” ucapnya.

Selain tanam bersama, juga dilaksanakan penandatanganan MOU antara Ikamaha Unmas Denpasar dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali, Ikamaha dengan PT. Bast Corporation Regional Bali Indonesia Timur, Ikamaha dengan Perhumas Denpasar, Ikamaha dengan Subak Mekar Sari Dusun Lipah. Kerja sama ini merupakan tonggak awal secara bersama-sama mengembangkan komoditas tersebut di atas untuk meningkatkan pendapatan petani. (dah/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!