Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Ketum DPP KNPI Diserang, Dewira Dukung Proses Hukum

Dorong Ungkap Dalang Intelektual

TEGAKKAN PROSES HUKUM: Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Bali, Gede Wirakusuma yang akrab dipanggil Dewira 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Solidaritas datang dari Bali merespons tragedi yang dialami Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Haris Pertama. Tragedi ini terjadi pasca Haris Pertama mendesak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) transparan soal data perkebunan ilegal di kawasan hutan yang mendapat pemutihan atau menjadi ilegal. Ia meminta aparat penegak hukum, yakni Polri, kejaksaan, dan KPK RI turun tangan memeriksa sekaligus menangkap oknum-oknum yang diduga bermain dalam penyerobotan lahan hutan yang dijadikan perkebunan sawit ilegal. 

Dalam kasus ini, Haris merujuk laporan awal KLHK yang menyebut terdapat 3,2 juta hektar perkebunan ilegal di kawasan hutan. Namun, dari jumlah itu, pihaknya menemukan jutaan hektar perkebunan masih dibiarkan beroperasi. Salah satunya berada di Riau dan Kalimantan Tengah. Haris Pertama menegaskan DPP KNPI meminta negara mengambil alih perusahaan sawit hasil penyerobotan hutan. 

Entah ada kaitannya atau tidak dengan proses perjuangan tersebut, Haris Pertama tiba-tiba diserang oleh orang tidak dikenal di kawasan Cikini, Jakarta Pusat (Jakpus), Senin (21/2/2022) siang. “Diserang sekelompok orang di Restoran Garuda, kawasan Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat,” kata Haris saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu. Entah kebetulan atau tidak, Sang Ketum DPP KNPI diserang sehari sebelum dijadwalkan menjadi saksi sidang kasus ujaran kebencian pegiat media sosial Ferdinand Hutahaean di Pengadilan Negeri Jakpus, Selasa (22/2/2022). Pasca insiden yang bisa disebut tragedi tersebut Haris Pertama dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Kasus ini kini sedang ditangani pihak kepolisian. 

Menyikapi insiden di siang bolong itu, DPD KNPI Bali mendukung penuh Kepolisian Negara Republik Indonesia mengungkap penyerangan terhadap Ketum DPP KNPI Haris Pertama. Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Bali, Gede Wirakusuma yang akrab dipanggil Dewira bersama Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) yang terhimpun dalam wadah KNPI Provinsi Bali mendukung langkah-langkah cepat dan tuntas dari Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mengungkap kasus penyerangan terhadap Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Haris Pertama.

“Kami sangat menyayangkan dan prihatin terhadap kejadian penyerangan yang dialami oleh Ketua DPP KNPI Haris Pertama. Semoga Ketum Haris Pertama diberi kekuatan dan segera pulih dari dampak fisik dan psikologis akibat dari penyerangan tersebut,” ucap Dewira, Selasa (1/3/2022) siang. 

“Kami sangat mengapresiasi kinerja dan langkah cepat Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menangkap para pelaku penyerangan tersebut. Kami mendukung sepenuhnya Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mengungkap fakta dan siapa yang menjadi dalang dalam kasus penyerangan tersebut,” tegas pria dengan ciri khas rambut kuncir itu. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!