Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Sekehe GKD Puspa Gita

DUTA PKB XLVI: Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, pada pembinaan Sekehe GKD Puspa Gita, Banjar Tohpati, yang dilaksanakan pada Kamis, 5 Mei 2024. (sumber: Humas Pemkot).

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Sekehe Gong Kebyar Dewasa (GKD) Puspa Gita, Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur menjadi Duta Kota Denpasar dalam ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI, Tahun 2024, pada Kamis, 5 Mei 2024, bertempat di Balai Banjar Tohpati, Sekehe GKD Puspa Gita mendapatkan pembinaan dari Konsultan Seni Kota Denpasar, agenda pembinaan juga dihadiri Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Denpasar yang juga selaku tokoh masyarakat desa setempat, I Wayan Warka, Kadis Kebudayaan, Raka Purwantara, Camat Denpasar Timur, Ni Ketut Srikaryawati, Perbekel Kesiman Kertalangu, I Made Suena, serta dari Desa Adat Kesiman,

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi semangat Sekehe Gong Kebyar Dewasa, Puspa Gita, Banjar Tohpati dalam melaksanakan berbagai persiapan hingga pelaksanaan pembinaan untuk menampilkan tiga materi dalam agenda PKB di Bulan Juni mendatang.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada Sekehe Gong Puspa Gita telah siap menjadi Duta GKD dalam PKB Tahun 2024, serta persiapan telah dilaksanakan dalam waktu empat bulan hingga pembinaan di tingkat Kota Denpasar saat ini,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut Jaya Negara menyampaikan, masukan hingga bimbingan yang telah diberikan oleh para Konsultan Seni Kota Denpasar sebagai bahan evaluasi dan motivasi dalam mempersiapan penampilan garapan karawitan, dan tari. Hal ini juga diharapkan nantinya dapat menampilkan garapan yang maksimal dalam seni pertunjukan diajang bergengsi PKB.

“Para penabuh dan penari telah menguras banyak waktu dalam menerima pembinaan untuk karya maksimal di atas panggung PKB, Astungkara proses pembinaan dapat berjalan lancar hingga nanti dapat menyuguhkan sajian, tontonan, hingga hiburan kepada masyarakat Bali yang akan berdampingan dengan Sekehe Gong Kebyar dari Kabupaten Gianyar,” ujar Jaya Negara.

Sementara Kelihan Adat Banjar Tohpati, I Wayan Yogiana bersama Koordinator Penabuh DR. I Wayan Sukadana .S.Sn.,M.Si menyampaikan, tiga materi garapan sesuai dengan kriteria PKB tahun ini akan ditampilkan Sekehe GKD Puspa Gita.

Garapan tersebut meliputi Tabuh Kreasi Pepanggulan dengan judul “Brare”, Tari Kreasi Topeng Bugis, dan Pragmentari berjudul “Wira Guna Abinaya Ngeraja Kuning”.

“Terima kasih kepada Walikota dan Wakil Walikota serta jajaran Pemkot Denpasar atas kesempatan dan kepercayaan kepada Sekehe Gong Puspa Gita sebagai Duta GKD Kota Denpasar, serta telah mendapatkan masukan dan saran dari Konsultan Seni Kota Denpasar untuk mempertajam kembali garapan hingga penampilan nanti di panggung PKB XLVI,” ujarnya. (bp/gk)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!