Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Bersih-Bersih dari Kematian Tak Wajar, Sibanggede Gelar Ritual

Caru Balik Sumpah dan Nawa Gempang

RITUAL SUCI: Sekda Badung l Wayan Adi Arnawa menghadiri Karya Mapepada serangkaian Karya Caru Balik Sumpah dan Nawa Gempang Desa Sibanggede di Pura Bale Agung Desa Sibanggede Abiansemal Badung, Selasa, 4 Juni 2024.

 

BADUNG, Balipolitika.comSekretaris Daerah Kabupaten Badung l Wayan Adi Arnawa menghadiri Karya Mapepada serangkaian Karya Caru Balik Sumpah dan Nawa Gempang Desa Sibanggede, 7 Juni 2024 mendatang.

Karya Mapepada dipuput oleh lda Pandita Mpu Prawira Darma Nanda dari Griya Tirta Taman Sari Tanah Ayu Sibanggede di Pura Bale Agung Desa Sibanggede Abiansemal Badung, Selasa, 4 Juni 2024.

Turut hadir PHDI Kabupaten Badung Gede Rudia Adiputra, MDA Alitan, Kementerian Agama Kabupaten Badung, anggota DPRD Badung l Nyoman Wiradana, Perwakilan Disbud, unsur Tripika Abiansemal, Bhabinkamtibmas l Ketut Lodra, Babinsa Kopka l Ketut Candra, Perbekel Sibanggede L Wayan Darmika, Bendesa Adat Sibanggede l Nyoman Surianta beserta undangan lainnya.

Upakara Mapepada merupakan upacara penyucian yang dilaksanakan sebelum memotong hewan yang hendak digunakan untuk upacara yadnya sehingga terhindar dari Ahimsa Karma yang artinya tidak melakukan kekerasan, tidak menyakiti, tidak melukai, dan tidak membunuh.

Karya Caru Balik Sumpah dan Nawa Gempang di Desa Sibanggede tersebut mendapatkan bantuan dari dana APBDes Sibanggede sebesar Rp360 juta serta dari Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana pribadi sebesar Rp5 juta dan diterima Manggala Karya l Wayan Darma.

Dalam sambutannya, Adi Arnawa mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan Yadnya Nawa Gempang tersebut dan mengajak warga selalu Ngastiti Bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar Karya Nawa Gempang itu berjalan lancar dan rahayu.

“Mewakili Bapak Bupati, saya hadir di tengah- tengah warga dalam kegiatan yadnya Nawa Gempang. Saya mengapresiasi sekali Desa Sibanggede sudah melakukan kegiatan yadnya ini dan saya merasa berbahagia bisa menyaksikan langsung prosesi pelaksanaan Karya Nawa Gempang hari ini di mana tujuannya untuk pembersihan secara niskala. Semoga dengan adanya yadnya Nawa Gempang ini kita selalu diberikan kesehatan dan kerahayuan,” ujarnya.

Sementara itu, Manggala Karya l Wayan Darma menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekda Badung yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir serta ikut mendoakan Karya Mapepada tersebut berjalan lancar.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Sekda Badung di tengah-tengah kesibukan sudah meluangkan waktu untuk hadir dan ikut serta mendoakan Karya Mepepada. Sebelumnya kami sudah melakukan upakara-upakara mulai dari upacara atur piuning, nunas tirta, dan upakara lainnya. Pelaksanaan karya Caru Balik Sumpah dan Nawa Gempang ini bertujuan melakukan pembersihan secara niskala bersih dari orang yang meninggal tidak wajar contohnya meninggal karena ulah pati, meninggal salah pati, dan karang pelebon amuk. Saya berharap dengan dilaksanakan yadnya ini semoga berjalan lancar sesuai harapan kami,” jelasnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!