Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Adi Arnawa Buka Lomba Kesenian Bali di Abiansemal

DUKUNG PENUH: Salah satu atraksi peserta Lomba Kesenian Bali Gender Wayang di Balai Banjar Kedampal, Kamis, 8 Februari 2024.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Pemerintah Kabupaten Badung sangat merespons dan komit terhadap pelestarian seni budaya Bali.

Oleh karenanya dalam program kerja Bupati Badung sangat jelas berpihak pada langkah-langkah pelestarian dan pengembangan nilai-nilai seni budaya adat warisan leluhur, termasuk diantaranya dalam kegiatan Lomba Kesenian Bali Gender Wayang, Lomba Topeng Keras, dan Lomba Kendang Berpasangan yang dilaksanakan oleh Pengempon Pura Dalem Sangsi Banjar Kedampal, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani yang ditandai pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa di Balai Banjar Kedampal, Kamis, 8 Februari 2024.

Sebagai bentuk dukungan dan perhatian Pemkab Badung dalam kegiatan tersebut, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana secara simbolis sebesar Rp30 juta untuk lomba Gender Wayang yang diterima I Made Widiana selaku Sekretaris Sekaa Batel Anak-anak Sekar Rare, Lomba Topeng Keras sebesar Rp30 juta diterima Ketua panitia penyelenggara l Made Garsana serta untuk kegiatan Lomba Kendang berpasangan sebesar Rp30 juta diterima I Made Wijaya dan disaksikan langsung oleh seluruh warga.

“Bupati Badung memang sangat konsisten dan komit dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya warisan leluhur kita. Dan Saya merasa senang serta bangga dengan kegiatan lomba kesenian yang diselenggarakan oleh Pura Dalem Sangsi, ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam melestarikan seni adat dan budaya warisan leluhur kita serta untuk mengasah kemampuan seni anak-anak dari usia dini untuk mengenal dan ikut menjaga melestarikan seni dan budaya warisan leluhur kita,” ujar Sekda Wayan Adi Arnawa ketika mewakili Bupati Badung membuka Lomba Kesenian Bali.

Ketua Panitia Penyelenggara l Made Garsana menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekda Adi Arnawa telah hadir dan mendukung kegiatan lomba kesenian Bali tersebut.

Dilaporkan juga kegiatan lomba kesenian Bali itu bertujuan untuk melestarikan seni dan budaya serta meningkatkan aktivitas dan kreativitas di bidang seni dan budaya Bali.

”Terima kasih kami sampaikan kepada Sekda Badung yang telah meluangkan waktunya untuk hadir dan membuka kegiatan lomba kesenian Bali yang kami selenggarakan. Kegiatan lomba kesenian Bali ini kami adakan diantaranya Lomba Gender Wayang yang diikuti sebanyak 18 pasang, Lomba Tari Topeng Keras, dan Kendang Berpasangan diikuti 12 pasang peserta dari Kabupaten Badung dan dari luar kabupaten Badung,” lapornya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, unsur tripika Abiansemal, Perbekel Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani l Made Budiana, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!