Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Giri Prasta Tanda Tangani Prasasti, Bantu 2.4 Miliar

Balai Banjar Pemijian Desa Adat Carangsari Petang

PENANDATANGAN PRASASTI: Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri acara melaspas dan menandatangani prasasti Balai Banjar Pemijian, Desa Carangsari, Kecamatan Petang. 

 

 

BADUNG, Balipolitika.com- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri acara melaspas, mendem pedagingan dan caru panca kelud, sekaligus menandatangani prasasti Balai Banjar Pemijian, Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Jumat 2 Februari 2024.

Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Griya Gede Manuaba ini turut dihadiri anggota DPRD Bali I Bagus Alit Sucipta, anggota DPRD Badung Inda Trimafo Yuda, Camat Petang, Perbekel Desa Carangsari, Bendesa Adat Carangsari, Bendesa Adat Anggungan, tokoh muda Bimanata serta krama banjar Adat Pemijian.

Sebagai wujud dukungan dan motivasi dalam melestarikan agama, adat, tradisi dan budaya Bupati Giri Prasta serahkan bantuan dana Pemkab Badung secara simbolis sebesar Rp2,4 miliar lebih dan pribadi sebesar Rp25 juta.

Bupati Giri Prasta mengucapkan rasa syukur kepada Ida Hyang Widhi Wasa dan Ida Betara Betari yang berstana di Pura Begawan Penyarikan Banjar Pemijian telah memberikan keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan upacara melaspas, mendem pedagingan.

“Kehadiran kami disini untuk meringankan beban krama semua dan ini murni dari pikiran yang suci dan ning nirmala, serta kehadiran kami disini sekaligus menyerahkan bantuan serta memberi tanda tangan pada prasasti terkait dengan peresmian Balai Banjar Pemijian. Kita membuat sejarah baru sehingga infrastruktur ini bisa akan dinikmati selamanya oleh anak cucu kita yang ada di Banjar Pemijian,” ucapnya.

Kedepan betul-betul menjadi masyarakat yang bahagia, dan harapannya kepada masyarakat Pemijian selalu bersatu antara anak-anak, pemuda dan orang tua karena dengan bersatu akan memberi jembatan emas bagi generasi kedepan, serta dihimbau kepada masyarakat pemijian boleh maju tapi jangan sampai menggerus akar adat, seni dan budaya.

“Semoga dudonan karya berjalan dengan lancar labda karya sida sidaning don, gemah ripah loh jinawi tata tentrem kerta raharja,” harap Giri Prasta

Sementara Manggala Karya Ida Bagus Japa menyampaikan banyak terimakasih atas kehadiran Bupati Badung dimana masyarakat Pemijian melaksanakan upacara melaspas, mendem pedagingan dan caru manca kelud, Balai Banjar Pemijian.

“Acara terlaksana setelah rampungnya bangunan ini atas bantuan Bupati Badung yang berasal dari dana BKK Kabupaten Badung sebesar Rp2,4 miliar lebih. Dilaporkan terkait biaya yang dihabiskan dalam pelaksanaan karya ini sebesar Rp150 juta yang semua bersumber dari bantuan dana APBdes tahun 2024 Desa Carangsari.(bp/luc) 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!