Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Gung Cok Puji Giri Prasta Bangun 2 RS Baru di Badung Utara

APRESIASI: Caleg DPRD Bali nomor urut 2 Partai Golongan Karya (Golkar) Dapil Badung, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka (2 dari kiri) saat mengawal para atlet tarung derajat Provinsi Bali berlaga di ajang nasional.

 

BADUNG, Balipolitika.com Inisiatif Pemerintah Kabupaten Badung di bawah kepemimpinan Bupati I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati I Ketut Suiasa mendirikan rumah sakit tipe C di Kecamatan Abiansemal dan RS tipe D di Kecamatan Petang mendapat pujian Caleg DPRD Bali nomor urut 2 Partai Golongan Karya (Golkar) Dapil Badung, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka.

Selaku warga Kabupaten Badung, Ketua Umum Pengprov Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Bali yang mengantarkan Cricket Bali Juara Umum PON XX Papua tahun 2021 dengan raihan 3 emas, 2 perak 1 perunggu itu mengatakan RS tipe C di Kecamatan Abiansemal dan Kecamatan Petang akan menambah minimal 150 tempat tidur untuk pasien.

Lebih-lebih, sama dengan rumah sakit umum, kedua puskesmas yang kini dalam tahap renovasi menjadi rumah sakit ini akan memberikan pelayanan medik dasar dan spesialis dasar.

“Untuk medik spesialis dasar misalnya informasi yang saya dapatkan terdiri dari penyakit dalam, anak, bedah, serta obstetri, dan ginekologi. Karena jarak RSUD Kapal lumayan jauh dari Abiansemal dan Petang, tentunya kehadiran RS Abiansemal yang akan bernama RSUD Giri Asih dan RS di Kecamatan Petang sangat-sangat dinantikan masyarakat. Hal ini merupakan terobosan bagus Pak Giri Prasta di bidang kesehatan,” ungkap Anak Agung Bagus Tri Candra Arka, Rabu, 3 Januari 2024. 

Selain membuat masyarakat Petang dan Abiansemal semakin dekat dengan fasilitas kesehatan berkualitas, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka juga menyebut hadirnya dua rumah sakit tipe c ini berdasarkan hitungan kajian lembaga rumah sakit membutuhkan tenaga kerja sekitar 228 orang alias mampu mengurai jumlah pengangguran intelektual di Bumi Keris.

Disinggung soal molornya peresmian kedua rumah sakit yang seharusnya berlangsung akhir Desember 2023, tepatnya 22 Desember 2023 untuk RS Petang dan 28 Desember 2023 untuk RS Abiansemal, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka mengatakan pekerjaan fisik gedung serta pengisian struktur plus pengisian tenaga kesehatan serta administrator membutuhkan waktu sehingga masyarakat harus bersabar.

“Termasuk kesiapan terhadap kebutuhan rumah sakit seperti perizinan, alat kesehatan, hingga kebutuhan sumber daya manusia untuk operasional kedua rumah sakit tersebut. Intinya ini program keren dan harus diapresiasi,” tandas Anak Agung Bagus Tri Candra Arka yang total mempersembahkan 7 emas, 3 perak, 4 perunggu dari cabang olahraga Cricket dan Tarung Derajat di PON XX Papua tahun 2021.

Sebagaimana diketahui, kedua RS baru tersebut mengubah dua puskesmas, yaitu Puskesmas Abiansemal I dan Puskesmas Petang II.

Puskesmas I Abiansemal dipindahkan ke gedung baru di lokasi lain, yakni di Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani yang diresmikan pada Selasa, 26 Desember 2023 lalu.

“RSUD Giri Asih di Kecamatan Abiansemal masuk tipe C hingga minimal harus memiliki 200 tempat tidur. Sementara rumah sakit di Pelaga ini untuk tahap pengembangan awal didesain sebagai tipe D yang minimal harus memiliki minimal 50 tempat tidur. Kehadiran dua rumah sakit ini sangat dinanti-nantikan masyarakat Badung,” tutup Anak Agung Bagus Tri Candra Arka. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!