Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Ganjar: Libatkan Publik Sejak Awal, Demi Pelayanan Berkeadilan!

Kesetaraan dalam Perencanaan Pembangunan

GANJAR: Perlu Libatkan Publik Sejak Awal untuk Kualitas Pelayanan Berkeadilan!

 

JAKARTA, Balipolitika.com- Untuk mencapai peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkeadilan, sangat penting melibatkan masyarakat sejak awal dalam hal perencanaan pembangunan.

Hal ini dikemukakan Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat debat perdana capres-cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023.

“Kebetulan saya punya pengalaman 10 tahun menangani soal ini, mengajak mereka berpartisipasi sejak awal, dihadirkan dalam setiap musrenbang, kelompok perempuan, penyandang disabilitas, anak-anak, kelompok rentan yang lain termasuk orangtua. Kenapa, agar pengambilan keputusan mereka aware, mereka peduli dengan apa yang mereka rasakan,” ujar Ganjar.

Kesetaraan dalam perencanaan pembangunan inilah, lanjut Ganjar, yang diharapkan bisa mempresentasikan apa yang diharapkan masyarakat, sehingga fisiknya kalau dibangun, warga paham yang akan menggunakan sehingga tidak ada lagi penolakan.

Selanjutnya, dari sisi aparatur, Ganjar menegaskan mesti ada kontrol dari publik. Ia menyontohkan saat menjadi Gubernur Jawa Tengah (Jateng) dia membuat “Lapor Gubernur” sebagai ruang komplain publik.

Pemerintahan menurut Ganjar, gak boleh baperan, pemerintah harus menerima seluruh masukan dan kritikan.

“Inilah yang akan kita angkat menjadi “government super apps.” Sehingga ketika itu tidak berjalan, pemerintah tertinggilah yang harus kemudian mengambil alih itu. Sehingga pelayanan bisa lebih jauh lebih baik, sehingga kelompok-kelompok ini harus mendapatkan afirmasi,” tegas Ganjar.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!