Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Peristiwa

Aneh, Bali Darurat Kekeringan, BIG Kertalangu Malah Usir Hujan

USIR HUJAN: Memancar terang, tampak dari Bali International Golf Kertalangu ditembakkan sinar laser atau lampu sorot pemecah awan yang lazim digunakan sebagai pemecah awan sekaligus pengusir hujan, Jumat, 27 Oktober 2023 malam. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Saat banyak pihak merindukan hujan bahkan Pemerintah Provinsi Bali menetapkan status siaga darurat kekeringan, kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Bali, hal yang berbalik 180 derajat malah ditunjukkan Bali International Golf yang beralamat di Jalan Bypass Ngurah Rai No. 88 Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Jumat, 27 Oktober 2023 malam.

Saat Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengeluarkan joke sayembara menurunkan hujan berhadiah liburan ke Singapura, dari Bali International Golf Kertalangu justru ditembakkan sinar laser atau lampu sorot pemecah awan yang lazim digunakan sebagai pemecah awan sekaligus pengusir hujan.

Di sisi lain, pada Sabtu, 28 Oktober 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali merilis laporan situasi terkini penetapan status siaga darurat dalam laporan bernomor B.15.000/9340/UPTD/BPBD.

Kepala Pelaksana BPBD Bali, I Made Rentin merinci sejumlah langkah strategis yang telah dilakukan pihaknya di seluruh pelosok Pulau Dewata.

Mirisnya, khusus di Kota Denpasar di mana Bali International Golf, Jalan Bypass Ngurah Rai No. 88 Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur menembakkan sinar laser atau lampu sorot pemecah awan untuk mengusir hujan pada Jumat, 27 Oktober 2023 malam, Rentin menyebut kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung belum padam.

Terangnya upaya pemadaman masih berlangsung dengan fokus di sisi barat dan timur (zona 2 dan 3) dibantu pengerahan excavator untuk pembuatan jalan sehingga mobil damkar bisa melalui tumpukan sampah.

“Pembuatan akses jalan potong atau pintas dengan menggunakan alat berat (excavator) agar dapat dilalui oleh mobil damkar menuju zona 3. Total luas TPA suwung 32,48 Ha dan yang masih dalam penanganan kurang lebih 2,8 Ha,” jelasnya.

Untuk TPA Mandung, Tabanan, hingga Jumat, 27 Oktober 2023 masuk ke tahap pendinginan di TPA seluas 2,7 hektar tersebut.

“Upaya dibantu pengerahan damkar dari Tabanan dan Badung,” imbuh Rentin. “Sedangkan TPA Temesi dan TPA Jungutbatu kebakaran sudah dapat dipadamkan,” tambahnya.

Sedangkan untuk kebakaran hutan, pada hari yang sama dilaporkan terlihat titik kebakaran di Bukit Munduk Mendeha, Kabupaten Buleleng di areal seluas 4 hektar.

Saat ini petugas masih berusaha menuju lokasi yang cukup sulit karena harus mendaki.

Rentin menjelaskan upaya meminimalisir dampak bencana juga terus dilakukan BPBD dengan pembagian masker kepada masyarakat sekitar TPA Suwung Denpasar sebanyak 32.000 masker dan masyarakat sekitar TPA Mandung Tabanan sebanyak 30.000 masker.

“Kami juga berencana operasi pasar murah yang bekerja sama dengan perangkat daerah terkait,” imbuhnya.

Adapun penetapan status darurat di Provinsi Bali melalui Keputusan Gubernur Bali Nomor 897/04/G-HK/2023 tanggal 19 Oktober 2023 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Kekeringan, Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Bali terhitung sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 1 November 2023.

Pemprov Bali juga menyerahkan bantuan peralatan dari BNPB ke Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali, yakni berupa 24 unit toren air, 30 set pompa jinjing, dan 40 set tenda 4×4. 100 unit selang pompa Alkon juga akan segera diserahkan setiba di Bali. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!