Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

FLORA FAUNA

Sangat Diminati, Kayu Manis Asal Jambi Terbang ke Texas

EKSPOR: Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Karantina Indonesia (Barantin) di Jambi melalui Wilayah Kerja Kantor Pos melakukan pemeriksaan terhadap 1 kg kulit kayu manis.

 

JAMBI, Balipolitika.com- Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Karantina Indonesia (Barantin) di Jambi melalui Wilayah Kerja Kantor Pos melakukan pemeriksaan terhadap 1 kg kulit kayu manis.

Komoditas tersebut dibungkus rapi dalam kemasan siap jual untuk kemudian diekspor ke Texas, Amerika Serikat.

Yuni Artika selaku Pemeriksa Karantina Tumbuhan yang bertugas mengatakan bahwa sebelum diekspor, media pembawa (MP) wajib diperiksa oleh pejabat karantina tumbuhan.

“Pemeriksaan yang dilakukan meliputi aspek administrasi dan kesehatan sesuai yang ditetapkan dalam UU No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan,” ujar Yuni.

“Dari hasil pemeriksaan kesehatan secara visual, dipastikan bahwa kayu manis sehat dan bebas dari organisme pengganggu tumbuhan (OPT),” tambahnya.

Anita Setyawati selaku Subkoordinator Karantina Tumbuhan menambahkan bahwa kulit kayu manis yang merupakan komoditas unggulan Kabupaten Kerinci, Jambi sangat diminati oleh pasar luar negeri.

Ia mengatakan bahwa dengan bentuk kemasan yang baik dan ditambah dengan kualitas produk yang terjamin kesehatannya akan meningkatkan nilai jual produk itu sendiri.

Kemudian di tempat terpisah, N. Prayatno Ginting selaku Kepala UPT Barantin di Jambi juga menambahkan bahwa pihaknya bertindak selaku fasilitator dalam memastikan keamanan pangan.

“Kami berkomitmen untuk siaga melindungi negeri dengan melaksanakan fungsi perkarantinaan di tiap pemasukan dan pengeluaran MP di Provinsi Jambi,” terang Ginting. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!