Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Mahasiswa Asing BIPAS FIB UNUD Lakukan Excursion ke Pura Besakih

Mahasiswa Asing BIPAS FIB UNUD Lakukan Excursion ke Pura Besakih

 

KARANGASEM Balipolitika.com- Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023, 114 mahasiswa BIPAS (Bali International Program for Asian Studies) melakukan kegiatan excursion atau kerap dikenal dengan outing ke Pura Besakih di Kabupaten Karangasem. Kegiatan ini merupakan program rutin dari BIPAS untuk mahasiswa asing yang menekuni Asian Studies, selain dari dua (2) workshop yang sebelumnya telah dilaksanakan; yaitu workshop Berbelanja dan Pakaian Tradisional, serta workshop Memasak dan Tarian Tradisional.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa asing terhadap kebudayaan Bali, utamanya sistem kasta dan kawitan yang ada di Pura Besakih, serta menambahkan pengalaman langsung mahasiswa asing melihat salah satu pura terbesar dan pura utama (mother temple) yang ada di Bali.

Dalam kesempatan ini, sejumlah 59 mahasiswa asing, 10 mahasiswa lokal (program studi Sastra Inggris), dan 4 orang pengelola dan staff bertolak dari kampus Universitas Udayana jalan Sudirman dengan 3 buah bus dari pukul 08.00. Sesampainya disana, rombongan disambut dengan baik oleh Kepala Badan pengelola pura Besakih untuk fasilitas kawasan suci pura agung Besakih, Bapak I Gusti Lanang Muliarta, yang dalam kesempatan itu diwakili oleh Bapak Artawan dari bidang pemasaran. Pengelola pura Besakih sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dalam kesempatan berikutnya dapat lebih meningkatkan variasi dalam program kunjungan wisatawan, seperti misalnya tarian sambutan dan pertunjukan video singkat perihal pura Besakih yang saat ini telah tersedia. (dp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!