Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

FK Unud Tangkal Stres Ortu dengan Anak Berkebutuhan Khusus

GEMBIRA: Para orang tua dengan anak berkebutuhan khusus mengikuti “Program Manajemen Stres Berbasis Law of Attraction pada Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khsusus di Yayasan Widya Guna Bali”, Gianyar Bali.

 

GIANYAR, Balipolitika.com- Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana menggelar Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) yang tidak biasa.

Pengabdian tersebut berjudul “Program Manajemen Stres Berbasis Law of Attraction pada Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khsusus di Yayasan Widya Guna Bali”.

Program yang berlangsung pada 14-30 Agustus 2023 di Yayasan Widya Guna Bali, Gianyar ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Dilaksanakan oleh tim pelaksana 5 orang mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners (PSSKPPN) Angkatan 2020 dan 2021, yakni Ni Luh Putu Arista Supadmi (Mahasiswa PSSKPPN Angkatan 2021), Ni Gusti Ayu Made Aprillia Adwinayanti (Mahasiswa PSSKPPN Angkatan 2021), Kadek Wanda Meliana (Mahasiswa PSSKPPN Angkatan 2021), Ni Wayan Regitha Widiastuti (Mahasiswa PSSKPPN Angkatan 2020), dan Ni Putu Aggri Sugi Agestina (Mahasiswa PSSKPPN Angkatan 2020).

Kelima mahasiswa ini didampingi dosen pendamping Dr. Ns. Putu Ayu Sani Utami, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom.

PKM-PM ini bertujuan untuk membantu para orang tua dengan anak berkebutuhan khusus dalam mengatasi stres yang dialami selama mengasuh anak.

Tim memilih kegiatan scripting (menulis jurnal syukur), affirmation (afirmasi positif), dan visualization (mengimajinasikan) dengan mengacu pada hukum alam semesta Law of Attraction, yakni segala sesuatu yang baik akan menarik hal yang baik pula.

Selain itu, para orang tua juga diajak untuk senam, yoga sawasana, hingga pijak refleksi tangan selama 8 kali pertemuan. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!