Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Sambut HUT Ke-65 dan BK Ke-42, FIB Unud Gelar Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Budaya

EMBRIO: Moderator Dr. Ni Ketut Widhiarcani Matradewi, S.S., M.Hum (paling kiri), pembicara tamu, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, M.A. (dua dari kiri), Prof. Dr. I Nyoman Suarka, M.Hum. (dua dari kanan), dan Prof. I Nyoman Udayana, M.Litt., Ph.D. (paling kanan)

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Budaya (SNBSB) merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun dalam rangkaian HUT ke-65 dan Badan Kekeluargaan (BK) ke-42 Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana.

Pada tahun ini, SNBSB dilaksanakan pada Jumat, 22 September 2023 dengan tema “Meningkatkan Apresiasi Bahasa, Sastra, dan Budaya untuk Memperkokoh Jati Diri Bangsa”.

Acara bertempat di Auditorium Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana dan dihadiri oleh Dekan FIB Unud beserta jajaran, para koordinator program studi, para dosen, dan peserta seminar.

Seminar dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP. Dalam sambutannya, Prof. Rai Maya Temaja mengungkapkan bahwa seminar ini sangat penting karena Fakultas Ilmu Budaya diamanatkan sebagai pemegang kunci wasiat perbendaharaan sastra dan budaya lama.

“Fakultas Ilmu Budaya yang dulu disebut Fakultas Sastra merupakan embrio lahirnya Universitas Udayana. Bahkan, Fakultas Ilmu Budaya diharapkan menjadi kadi bahni ring pahoman dumilah mangde suka nikang rat,” ungkapnya.

Dekan FIB Unud, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S.,M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa SNSB ini bertujuan sebagai tempat ajang pengayaan keilmuan.

“SNBSB merupakan ajang pengayaan keilmuan dan pelaksanaan deseminasi penelitian bagi para dosen muda khususnya dan mahasiswa, dengan harapan melalui SNBSB ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi penelitian,” ujarnya.

Dr. I.B. Puja Astawa, M.A., selaku Ketua Panitia SNBSB 2023 melaporkan bahwa SNBSB tahun ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dengan lebih dari 50 judul artikel.

Kegiatan SNBSB ini mengundang tiga pembicara utama yang sesuai dengan bidang tema SNBSB tahun ini.

Pembiara utama tersebut, antara lain Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, M.A. dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. I Nyoman Suarka, M.Hum. dari Universitas Udayana, dan Prof. I Nyoman Udayana, M.Litt., Ph.D. dari Universitas Udayana.

Ketiga pembicara dimoderatori oleh Dr. Ni Ketut Widhiarcani Matradewi, S.S., M.Hum. (dian/bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!