Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Keren, Sakura Raih Juara 2 Nasional LKTI 2023 di Universitas Mahasaraswati

CETAK GENERASI BERPRETASI: Bintang SMA Negeri 1 Kuta Utara yang terdiri dari I Gusti Ayu Chintya Pradnyandewi (XII MIPA 3), Ni Putu Meilia Werdi Asih (XII MIPA 1), dan Maria Made Oktaviana (X 12) didampingi Ni Putu Yunia Dewi, M.Pd selaku pembina pada sesi presentasi final LKTI 2023 di Universitas Mahasaraswati Denpasar. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- “Jika ingin menulis, tulislah karya kalian walau tidak selesai sepenuhnya. Jangan pikirkan jika karya kalian tidak sempurna. Cobalah dan lakukan saja karena yang terpenting itu adalah proses dan hasil itu adalah bonus” ucap Maria Made Oktaviana, siswa kelas X.12 SMA Negeri 1 Kuta Utara (Sakura) yang menjadi salah satu peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Universitas Mahasaraswati (Unmas) 2023.

Dalam perlombaan ini, Sakura mengirimkan 1 tim yang terdiri atas 3 peserta, yakni I Gusti Ayu Chintya Pradnyandewi (kelas XII MIPA 3), Ni Putu Meilia Werdi Asih (kelas XII MIPA 1), dan Maria Made Oktaviana (kelas X12). Ketiganya dibina oleh Ni Putu Yunia Dewi, M.Pd. hingga lolos ke babak pamungkas, yakni final presentation.

Kontingen LKTI Sakura menggabungkan ide mereka dan mengangkat tema teknologi dalam budaya di Bali. Kolaborasi ini menghasilkan karya tulis berjudul “Dewata E-Tour: Media Edukatif Berbasis ICT (Information Communication Technology) sebagai Langkah Cerdas Pelestarian Kearifan Lokal Menuju Indonesia Emas”.

Latar belakang karya tulis ini menyoroti generasi zaman sekarang yang memiliki pemahaman budaya kurang memadai dihadapkan pada perkembangan teknologi yang berkembang pesat.

Aplikasi “Dewata E-Tour” merupakan media informasi pengetahuan berbasis ICT (Information Communication and Technology) dalam mengenalkan kearifan lokal di pulau Bali yang dapat diakses melalui Scan Barcode https://bit.ly/AplikasiDewataE-Tour.

Karya tulis ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai budaya yang ada di Bali dengan penyediaan layanan informasi berbasis aplikasi.

Penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat, khususnya generasi muda tentang upaya-upaya pelestarian budaya lokal terutama di Bali.

Dengan aplikasi Dewata E-Tour diharapkan segala informasi tentang Bali dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Berkat Dewata E-Tour, Tim Sakura mampu memenangkan persaingan super ketat dengan 39 peserta lain yang berasal tak hanya dari Bali, melainkan juga Cikarang, Sumenep, Pekanbaru, Kota Batu Malang, Bandung, Jember, Malang, Yogyakarta, dan lain-lain.

Dewan juri memutuskan juara LKTI Unmas 2023 diraih oleh Made Adella Divya Jayanthi, Ni Kadek Lira Dwikayani, Ni Luh Made Divani Aisywari dari SMA Negeri 1 Bangli sebagai juara 1, SMA Negeri 1 Kuta Utara sebagai juara 2, dan I Gusti Ayu Agng Aishwarya Anindita, Ni Komang Sri Damayanti, Diah Putu Raveina Laksmi; kembali dari SMAN 1 Bangli. (Joice/JCO/bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!