Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Dosen Unud Teliti Jaringan Pipa Via Citra Satelit

LPPM TALKS: Dr. Eng. Ni Made Pertiwi Jaya, S.T., M.Si., M.Eng sebagai salah satu peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini memaparkan hasil penelitiannya berjudul Pengembangan Model Simulasi Hidrolik Jaringan Perpipaan Melalui Pemanfaatan Citra Satelit dan Sistem Informasi Geografis untuk Perencanaan Sistem Penyediaan Air Minum,

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Simposium Nasional Riset dan Abdimas Inovatif Berkelanjutan Seminar Nasional Sains dan Teknologi  (SENASTEK) IX dan Seminar Nasional Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (SENASDIMAS) I Universitas Udayana 2022 memberi warna tersendiri bagi para akademisi yang berpartisipasi di dalamnya.

Agenda tahunan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana ini menjadi ajang diseminasi temuan penelitian yang tentunya disambut hangat di setiap pelaksanaannya.

Dr. Eng. Ni Made Pertiwi Jaya, S.T., M.Si., M.Eng sebagai salah satu peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini memaparkan hasil penelitiannya mengenai “Pengembangan Model Simulasi Hidrolik Jaringan Perpipaan Melalui Pemanfaatan Citra Satelit dan Sistem Informasi Geografis untuk Perencanaan Sistem Penyediaan Air Minum”.

Dr. Eng. Pertiwi menerangkan bahwa permasalahan utama dalam sistem distribusi air minum adalah tingkat kepastian pengaliran air dari sumber mata air sampai ke wilayah pelayanan.

Berdasarkan hal tersebut maka alumni Yamaguchi University ini berinisiatif untuk merancang model simulasi hidrolik pada jaringan pipa air minum dengan bantuan data citra satelit untuk mempermudah penggambaran.

Dr. Pertiwi  mengungkapkan kesan yang sangat positif sebagai peserta dalam kegiatan SENASTEK IX dan SENASDIMAS I Universitas Udayana 2022, karena dalam pelaksanaannya kegiatan ini mampu memberikan kesempatan terbuka dalam penjalinan networking yang lebih luas serta diseminasi penelitian. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!