Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Profesor University of Hawai’i Berbagi Ilmu di FKP Unud

GENJOT KUALITAS: Hadirkan Professor dari University of Hawai’i , prodi IKL FKP melalui PKKM berhasil tingkatkan IKU 3 dan IKU 6 melalui PKS dengan universitas QS 100.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Program studi Ilmu Kelautan (IKL), Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana melaksanakan salah satu aktivitas yang diusulkan pada Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yaitu Udayana Marine Sciences International Exchange.

Pada hari Senin, 21 November 2022, Prodi IKL berhasil mendatangkan salah satu profesor dari University of Hawai’I yang terkategori sebagai 100 universitas terbaik berdasarkan subjek Earth and Marine Sciences. Adapun professor yang dihadirkan adalah Prof. Jhon Lynhamm yang memiliki keahlian dalam bidang perikanan.

Dalam kedatangannya nanti, Prof. Jhon Lynhamm akan memberikan materi pelatihan seperti penggunaan software R Studio dan tips dan trik dalam publikasi jurnal internasional bereputasi pada hari pertama (21 November 2022), dilanjutkan dengan pemberian materi perikanan dalam konteks Marine Protected Area (22 November 2022), dan penandatanganan kerjasama dalam bidang pendidikan dan penelitian antara University of Hawai’i dengan FKP Udayana, 23 November 2022.

Dalam sambutannya, Dekan FKP Unud yang pada kesempatan ini diwakili oleh Wakil Dekan III FKP, I Wayan Gde Astawa Karang, S.Si, M.Si, Ph.D, menyampaikan bahwa kedatangan salah satu universitas top terutama pada bidang Earth dan Marine Sciences merupakan salah satu kesempatan langka yang harus dimanfaatkan dengan baik, terutama untuk peningkatan kapasitas akademik, baik untuk dosen dan mahasiswa.

“Karya besar di era ini sering lahir dari kolaborasi, maka manfaatkanlah kesempatan ini dengan Prof. Jhon Lynhamm untuk menjalin atau membuka ide untuk, baik yang berkaitan dengan metode pengajaran ataupun riset yang berkaitan dengan kelautan maupun perikanan” tutupnya. 

Adapun luaran yang diharapkan dari aktivitas ini adalah terciptanya keterpaparan civitas akademika dari FKP Unud terhadap suasana akademik dengan skala internasional, mengingat University of Hawai’I adalah universitas yang terkategori top QS 100. Hal lain yang diharapkan adalah mahasiswa dan dosen mampu meningkatkan kapasitasnya dalam dunia pendidikan untuk mendukung program internasionalisasi yang dicanangkan dan diharapkan FKP udayana dalam beberapa tahun kevdepan. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!