Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

UPT Perpustakaan Unud Bedah Buku Nusantara Academic Award 2021

LITERASI: UPT Perpustakaan Universitas Udayana bedah buku “Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang” secara online melalui Webex Meeting, Jumat, 4 November 2022.

 

JIMBARAN, Balipolitika.com- UPT Perpustakaan Universitas Udayana bedah buku “Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang” secara online melalui Webex Meeting, Jumat, 4 November 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh 81 orang peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, pustakawan, dan petugas perpustakaan dari berbagai universitas di Indonesia.

Narasumber dalam bedah buku ini Dr. I Wayan Suardiana (Unud) dan Dr. I Made Sujaya (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia).

Buku “Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang” ini ditulis oleh Dr. Ida Ayu Laksmita Sari yang juga merupakan Kepala UPT Perpustakaan.

Buku ini meraih Nusantara Academic Award 2021 yang diselenggarakan oleh Nusantara Institute bekerja sama dengan Bank BCA.

Wakil Rektor Bidang akademik, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P. menyambut baik inisiatif Kepala UPT Perpustakaan yang mengadakan kegiatan akademik melalui bedah buku.

“Kegiatan bedah buku ini pantas dilakukan secara reguler, sejalan dengan usaha Unud untuk meningkatkan budaya baca dan literasi,” ujar Prof. Rai Maya.

Harapannya kegiatan bedah buku dapat meningkatkan atmosfir akademik dan semakin banyak karya berkualitas yang ditulis oleh civitas akademika Universitas Udayana, sehingga dapat dibedah pada acara yang sama selanjutnya.

Dr. I Wayan Suardiana selaku pembicara pertama mengungkapkan bahwa penulis buku Dr. Laksmita Sari berhasil mengubah format ilmiah akademis (disertasi) ke dalam format yang  lebih mudah dikonsumsi publik (buku teks).

Sedangkan pembicara kedua, Dr. I Made Sujaya memberikan beberapa catatan bahwa buku “Cerita Rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang” memberi kekuatan pada pandangan universalitas kearifan lokal, serta memiliki analisis komparatif yang kuat dengan sumber bacaan yang melimpah.

Kedua pembicara juga menyarankan untuk menerbitkan teks-teks cerita rakyat Bali Aga dan Ainu Jepang tidak hanya sebagai konteks dokumentasi tetapi juga untuk kepentingan kreatif.

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Udayana, Dr. Ida Ayu Laksmita Sari menyatakan kegiatan akademik bedah buku yang diadakan rutin oleh UPT Perpustakaan ini berguna untuk meningkatkan semangat mahasiswa, dosen, pustakawan, untuk meneliti dan menulis pada bidang yang ditekuni masing-masing. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!