Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

PertaLife Insurance Peduli Karakter Anak Bali

Ajak Siswa Nabung Sejak Usia Dini

SALAM PERTALIFE: Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi dan jajaran berpose bersama siswa-siswi SD 05 Kuta usai menerima edukasi tentang perencanaan keuangan melalui pentingnya  menabung, serta memiliki asuransi, Jumat, 14 Oktober 2022.

 

KUTA, Balipolitika.com- Menyandang status sebagai destinasi pariwisata internasional, dampak positif dan negatif diterima oleh masyarakat Bali, khususnya anak-anak.

Salah satu dampak negatif yang nyata-nyata terjadi adalah lebih tertariknya remaja kepada budaya barat ketimbang budaya sendiri alias kebarat-baratan.

Menyadari kondisi tersebut, PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance ) mengadakan seminar dan pelatihan pengembangan karakter anak melalui guru dan orang tua murid di enam SD Negeri Kelurahan Kuta, Badung, Bali, yakni SDN 01, SDN 02, SDN 03, SDN 04, SDN 05, dan SDN 06 selama 10 hari, tepatnya 10-20 Oktober 2022.

Seminar dan pelatihan ini melibatkan 140 guru dan 300 orang tua murid.

Direktur Utama PertaLife Insurance, Hanindio W. Hadi mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) PertaLife Insurance kepada dunia pendidikan di Indonesia.

PertaLife Insurance meyakini bahwa generasi bangsa yang berkualitas harus bermodalkan karakter yang kuat dan dimulai sejak dini.

“Dari keyakinan inilah kami mengarahkan program kepedulian sosial ke bidang pendidikan, khususnya dalam hal membangun karakter anak sejak dini,” jelas Hanindio ditemui langsung di SD 05, Jumat, 14 Oktober 2022.

Menurut Hanindio, CSR ini juga merupakan bentuk peran dan turut serta  aktif PertaLife Insurance  menyukseskan perhelatan akbar Presidensi G20 di Bali, yang salah satu pembahasannya mengenai pendidikan.

PertaLife Insurance memilih Bali sebagai proyek percontohan pelatihan parenting karena Pulau Dewata menjadi bagian dari komunitas internasional.

Pelatihan ini sangat penting mengingat derasnya arus  nilai-nilai budaya modern yang berpotensi menggeser budaya lokal.

Pelatihan ini menekankan pentingnya pemahaman gaya belajar siswa yang tepat yang dapat berdampak terhadap kecerdasan siswa.

Juga akan membantu guru untuk membuat perencanaan dan metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa. Hal yang sama juga perlu dilakukan orang tua di rumah.

Selain pelatihan, PertaLife Insurance juga menyelenggarakan seminar dengan tema yang sama. Materi yang diberikan adalah bagaimana para orang tua juga dapat menjadi guru profesional di rumah dan turut bertanggung jawab mengembangkan karakter anak.

Pemahaman gaya belajar siswa yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecerdasan siswa merupakan penekanan dalam pelatihan ini.

Diharapkan guru dapat dengan mudah merencanakan pembelajaran, penggunaan metode, dan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga pembelajaran berhasil.

Para orang tua juga dapat memonitor dan memberikan pengalaman yang sama dengan guru melalui pendekatan kekeluargaan yang harmonis antara anak dan orang tuanya.

Ni Made Adi Wiriani, Guru SDN 05 Kuta mengaku sangat antusias mengikuti pelatiha. Pemaparan narasumber yang menarik dan jelas dengan teknik tak terduga ungkapnya membuat guru menjadi paham, terutama dalam memetakan kebutuhan belajar murid dari aspek gaya belajar yang beragam.

“Hal yang menurut kami sepele ternyata berdampak sangat besar dalam melakukan pendekatan terhadap siswa. Misalnya kegiatan menyapa dan mengajak siswa sekadar mengobrol, ternyata sangat dibutuhkan siswa. Karena dengan sapaan tersebut mereka merasakan adanya perhatian guru,” kata Wiriani.

Hal senada diungkapkan Fitrianingsih, orang tua siswa SDN 04. “Kami senang sekali mengikuti seminar ini. Banyak hal yang belum kami ketahui selama ini. Kami merasakan fungsi orang tua bukan sekadar menyiapkan  keperluan sehari-hari di rumah. Ada hal penting yang perlu dimonitor selama anak di luar rumah. Kami perlu juga bersikap sebagai teman, agar mereka bisa menuangkan keluh kesah selama belajar dan bisa dicari jalan keluarnya bersama,” kata Fitri.

PertaLife Insurance berharap, program serupa dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan menyebar di beberapa tempat.

PertaLife Insurance berkomitmen bukan hanya Bali, namun akan dilaksanakan untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat, khususnya di sekitar wilayah kerja PertaLife Insurance.

Selain CSR tersebut, PertaLife Insurance juga memberikan edukasi pentingnya perencaaan keuangan dan menabung sebagai bagian dari Bulan Inklusi Keuangan (BIK) tahun 2022 sebagai bukti tanggung jawab sosial korporasi dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

“Sebagai perusahaan asuransi jiwa, PertaLife Insurance punya tanggung jawab untuk melakukan edukasi masyarakat akan pentingnya perencanaan keuangan. Kami memilih menggelar Bulan Inklusi Keuangan si SDN 05 ini untuk mengajak anak-anak mengerti tentang perencanaan keuangan melalui pentingnya  menabung, serta memiliki asuransi” ujar Hanindio W. Hadi. (bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!