Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Unwar Denpasar Wisuda 1.226 Mahasiswa

Wisuda Ke-69: Rektor Unwar, Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.Sp. ParK (tengah) bersama jajaran, Jumat, 27 Mei 2022.

 

DENPASAR.Balipolitika.com– Universitas Warmadewa (Unwar) Denpasar berkomitmen nyata mengabdikan diri untuk dunia pendidikan tanah air. Sabtu, 28 Mei 2022, Rektor Unwar, Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.Sp. ParK mewisuda sebanyak 1.226 mahasiswa. Terdiri atas Fakultas Hukum 251 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 689 orang, Fisip 90 orang, Fakultas Sastra 40 orang, Fakultas Pertanian 21 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 37 orang, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 5 orang.

Prof. Widjana merinci raihan rata-rata IPK 3,67 dengan rata-rata masa studi 3,65 tahun. “Sampai saat ini, dengan dilepasnya wisudawan pada hari ini, maka jumlah alumni sebanyak 37.232 orang. Ini merupakan aset yang harus dirangkul dan mempunyai potensi besar untuk diberdayakan agar berkontribusi untuk pengembangan Universitas Warmadewa,” ucapnya.

Tegasnya penguatan kelembagaan Unwar terus ditingkatkan dengan jumlah program studi 26 yang terdiri dari jenjang D3: 2; S1/D4:15; Profesi :1 ; S2:7; S3:1, dan seluruhnya terakreditasi BAN-PT dan LAM PT. Di antara 26 program studi itu 5 program studi terakreditasi A dan Unggul, yaitu Prodi Peternakan, S1 Hukum, Pendidikan Dokter, Profesi Dokter, dan Magister Linguistik. Bahkan untuk meningkatkan kualitas kelembagaan ini sedang disusun untuk maju ke akreditasi internasional, yaitu Prodi S1 Sastra Inggris dan S2 Linguistik.

Akreditasi internasional yang ingin diraih adalah AQAS (Agency for Quality Assurance Assesment), yang merupakan lembaga akreditasi yang diakui dan disetarakan oleh BAN-PT. Pengembangan kapasitas sumber daya dosen juga terus diupayakan Jumlah dosen Unwar saat ini sebanyak 448 orang. Terdiri dari S3 sebanyak 124 orang (27,67%) dan sisanya pendidikan magister. Untuk menambah dosen S3, saat ini sedang tugas belajar S3 sebanyak 70 orang. “Tahun 2022 ini ada tambahan guru besar atas nama Prof Dr. Drs Wayan Wesna Astara, SH., M.Hum. sehingga menjadi 14 guru besar, 132 lektor kepala, 109 lektor, asisten ahli 193 orang, dan sisanya dosen baru yang masih dalam pengusulan jabatan akademik. Dosen yang lulus sertifikasi sebanyak 253 orang dan tenaga kependidikan sebanyak 247 orang,” tegas Prof. Widjana. (lit/bp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!