Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Suiasa Hadiri Karya Melaspas Pura Ratu Gede Dalem Sari Dalung

TUMPEK WAYANG: Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa saat menghadiri acara Karya Pemelaspasan di Pura Ratu Gede Dalem Sari, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Sabtu, 22 Juni 2024.

 

BADUNG, Balipolitika.com- Bertepatan dengan Rahina Tumpek Wayang, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri acara Karya Pemelaspasan di Pura Ratu Gede Dalem Sari, Dalung Kecamatan Kuta Utara, Sabtu 22 Juni 2024.

Karya yang dipuput oleh Mangku Pura Dalem Gede Dalung Nyoman Buda Astawa turut dihadiri Perbekel Dalung I Putu Arif Wiratia, Bendesa Adat Dalung Nyoman Widana kelihan Adat atau Dinas Banjar Tegeh Dalung beserta pengempon pura.

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan Pemkab Badung, pada kesempatan itu Wabup Suiasa menyerahkan bantuan hibah secara simbolis sebesar Rp438 juta yang diterima langsung oleh Manggala Karya Made Suastika dan disaksikan oleh pengempon pura.

Wabup Ketut Suiasa dalam sambutannya merasa bersyukur bisa hadir menyaksikan langsung pelaksanaan karya melaspas serta berharap dengan dilakukan karya tersebut semoga selalu diberikan kesehatan dan kerahayuan.

“Saya merasa bersyukur bisa hadir di tengah-tengah krama yang sedang melakukan yadnya melaspas ini. Semoga dengan adanya yadnya ini kita selalu dianugerahi kerahajengan dan kerahayuan,” ujarnya.

Wabup Suiasa juga mengajak warga agar selalu ngerastiti bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta tetap menjaga persatuan.

“Saya ingatkan kepada warga di sini agar tidak henti-hentinya ngerastiti bakti kepada Beliau supaya kita selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam segala bentuk kegiatan yang kita lakukan. Saya ingatkan agar tidak hanya memohon dan meminta saja kepada-Nya, namun kita juga harus melakukan persembahan. contohnya karya melaspas,” ucapnya seraya mengingatkan kepada warga yang sudah menerima bantuan hibah agar bisa mempertanggungjawabkannya dengan baik.

Sementara itu, Manggala Karya Made Suastika menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wabup Suiasa yang telah hadir dan ikut mendoakan karya melaspas tersebut.

Dilaporkan bantuan hibah digunakan untuk perbaikan tembok penyengker candi dan penataan pura.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Pemkab Badung yang sudah membantu dan terima kasih kepada Bapak Wabup Suiasa yang sudah meluangkan waktu untuk hadir di acara karya melaspas penyengker candi bentar dan penataan halaman pura kami. Dapat kami laporkan bahwa bantuan hibah yang kami terima itu kami gunakan untuk perbaikan penyengker candi bentar dan penataan halaman Pura Ratu Gede Dalem Sari,” ungkapnya. (bp/ken)




Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!