Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Wabup Suiasa Serahkan Hibah 4,7 M ke Puri Agung Carangsari

Serangkaian Upacara Melaspas Mendem Pedagingan

SERAHKAN HIBAH: Wabup Suiasa Hadiri Karya Melaspas, Mendem Pedagingan di Puri Agung Carangsari. (Sumber: Humas Badung)

 

BADUNG, Balipolitika.com- Wakil Bupati I Ketut Suiasa mewakili Bupati Badung menghadiri Karya Melaspas, Mendem Pedagingan, Caru Rsi Gana dan Caru Manca Kelud di Puri Agung Carangsari, Senin, 10 Juni 2024.

Turut hadir dalam kesempatan ini Penglingsir Puri Agung Carangsari dan Puri Agung Petang, anggota DPRD Badung I Gst Agung Ayu Inda Trimafo Yudha dan I Gst Lanang Umbara, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik AA. Ngr. Raka Sukadana, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman AA. Ngr. Bayu Kumara Putra, Sekcam Petang, serta unsur Tripika Kecamatan Petang, Perbekel Desa Carangsari I Made Sudana,  Bendesa Adat Carangsari, Kelian Dinas lan Kelian Adat Se – Desa Carangsari, serta semeton Puri Agung Carangsari.

Upacara ini terlaksana setelah rampungnya penataan Puri Agung Carangsari yang di bantu dana hibah induk tahun 2023 dari Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp 4,7 miliar lebih dan secara pribadi Wabup Suiasa membantu Rp 10 juta.

Dalam sambrama wacananya Wabup Ketut Suiasa menyampaikan rasa bahagia bisa hadir ditengah-tengah keluarga besar Puri Agung Carangsari dalam melaksanakan Yadnya Karya Melaspas, Mendem Pedagingan, Caru Rsi Gana dan Caru Manca Kelud, terlaksana sebagai perampung dari penataan pembangunan Puri.

“Walaupun Puri itu di bilang sudah selesai ditata/dibangun tetapi upacara seperti sekarang ini tidak dilaksanakan berarti bangunan ini belum dikatakan rampung sepenuhnya. Karena upacara ini sekarang terlaksana, maka pembangunan penataan Puri Agung Carangsari sudah rampung sepenuhnya secara sekala dan niskala,” ucapnya.

Dikatakan lebih lanjut, sebelum dirinya menjadi Wakil Bupati dan Nyoman Giri Prasta menjadi Bupati, ia sudah berjanji untuk menjalankan warisan para leluhur di dalam adat, agama, tradisi, seni dan budaya yang ada di Banjar-Banjar.

“Janji saya yang pertama adalah untuk ngajegang keberadaan Puri-Puri yang ada di Badung dan kedua bakti saya kepada Keluarga Puri Agung Carangsari,” jelasnya.

Sementara itu Manggala Karya AA Ngr. Widia Putra menyampaikan banyak terima kasih atas kehadiran Wakil Bupati Badung bersama undangan lainnya.

“Kami semeton Agung Puri Carangsari melaksanakan Karya Melaspas, Mendem Pedagingan, Caru Rsi Gana dan Caru Manca Kelud tanggal 10 Juni 2024. Upacara ini terlaksana atas dasar semangat Semeton Puri Agung Carangsari untuk melaksanakan upacara ini dengan dana swadaya, terlaksana setelah rampungnya penataan Puri Agung Carangsari atas bantuan yang diberikan Bapak Bupati Badung pada hibah induk tahun 2023,” ungkapnya.

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!