Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Pererat Nyama Braya, Dalung Gelar Bulan Bhakti Gotong Royong XXI

Pasar Murah hingga Operasi Katarak Gratis

AKSI SOSIAL: (kanan-kiri) Tokoh masyarakat Dalung, I Putu Parwata (kanan) dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Dalung sekaligus Ketua Panitia Bulan Bhakti Gotong Royong XXI Desa Dalung, I Gusti Ngurah Agung Diatmika. (bp/gk)

 

BADUNG, Balipolitika.com- Usung tema “Menyama Braya Kita Tingkatkan Gotong Royong Masyarakat Kabupaten Badung yang Maju, Damai, dan Sejahtera” Bulan Bhakti Gotong Royong XXI Desa Dalung digelar di Lapangan Binaraga Dalung, Jumat, 24 Mei 2024. 

Menghadirkan beragam acara meliputi pelayanan SIM; pelayanan LIMOSSIN; cek mata, pemberian kacamata, dan operasi katarak gratis; donor darah; cek kesehatan gratis; serta pasar murah (beras dan minyak, red), acara yang berlangsung mulai pukul 07.00-12.00 ini didanai oleh APBDes Dalung. 

Khusus pemeriksaan mata, pemberian kacamata, dan operasi katarak, Bulan Bhakti Gotong Royong XXI Desa Dalung disponsori oleh JFF atau John Fawcett Foundation.

Bulan Bhakti Gotong Royong XXI Desa Dalung ini mendapatkan apresiasi dari tokoh Dalung yang juga Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Badung, I Putu Parwata.  

Acara tersebut ungkap Parwata merupakan perwujudan kesadaran masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan konsisten menjaga kelestarian lingkungan. 

“Lingkungan di mana kita tinggal perlu dijaga dengan sepenuh hati, tidak acuh tak acuh dengan lingkungan dan peradaban kehidupan kita. Lingkungan harus kita jaga dengan baik, penuh rasa cinta kasih, tidak acuh tak acuh, tidak hidup dalam suasana pragmatis, guyub dan bersama membangun lingkungan dan sesama,”  ujar Parwata diwawancarai Kamis, 23 Mei 2024.

Parwata menambahkan masyarakat Dalung wajib memiliki rasa tanggung jawab, khususnya dalam membina hubungan antara sesama warga, antara manusia dengan lingkungan, dan manusia dengan Sang Pencipta. 

“Kita harus bisa hidup bersama dan bertanggung jawab terhadap desa di mana kita lahir dan bertumbuh. Tidak boleh mementingkan diri sendiri yang berujung merugikan dan merusak tatanan kehidupan desa kita. Ayo kita jaga desa kita bersama untuk hidup sehat, bersih, dan sejahtera,” pesan Parwata. 

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Dalung sekaligus Ketua Panitia Bulan Bhakti Gotong Royong XXI Desa Dalung, I Gusti Ngurah Agung Diatmika mengatakan acara tahunan ini digelar selama bulan Mei 2024 dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

“Kegiatan ini mengusung tema Menyama Braya Kita Tingkatkan Gotong Royong Masyarakat Kabupaten Badung yang Maju, Damai, dan Sejahtera. Memaknai bulan bakti gotong royong tahun ini, kami di Dalung selama sebulan ini menggelar beberapa kegiatan mulai dari pembukaan di halaman Pura Dalem Sempua. Lokasi sakral ini dipilih dalam rangka mengingatkan masyarakat bahwa zaman dulu sebelum banyak ada sumur dan PDAM,  bulakan sumber air utama masyarakat Dalung ada di sini. Di Pura Dalem Sempua ini terdapat air permukaan yang sampai saat ini sangat terjaga kebersihan dan keasriannya,” ungkap mantan Ketua Ikatan Notaris Indonesia (INI) Provinsi Bali itu.

Bulan Bhakti Gotong Royong XXI Desa Dalung, imbuh Agung Diatmika- sapaan akrab  I Gusti Ngurah Agung Diatmika- diikuti oleh masyarakat Dalung, siswa dan guru, serta komponen masyarakat lainnya.

“Kami ingin menumbuhkembangkan gotong royong yang mungkin saat ini nyaris dilupakan oleh masyarakat. Di samping itu, panitia juga menggelar bhakti sosial di bidang kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan mata, sekaligus operasi katarak gratis. Adapun sumber dana kegiatan ini berasal dari APBDes Dalung. Khusus untuk pemeriksaan mata, sepenuhnya di-support oleh JFF, John Fawcett Foundation,” tutup Agung Diatmika. (bp/ken) 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!