Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

Arya Wibawa Bina Taman Penasar, Pastikan Siap Lomba di PKB

Sekar Taman Penasar Basugita

TAMAN PENASAR: Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, saat menghadiri pelaksanaan pembinaan Taman Penasar Sekehe Sekar Taman Penasar Basugita, Banjar Kedaton, Desa Sumerta Klod, Kecamatan Denpasar Timur, di Balai Banjar Kedaton 


DENPASAR, Balipolitika.com-
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, menghadiri langsung pelaksanaan pembinaan Taman Penasar Sekehe Sekar Taman Penasar Basugita, Banjar Kedaton, Desa Sumerta Klod, Kecamatan Denpasar Timur, di Balai Banjar Kedaton pada Minggu 19 Mei 2024.

Sekehe Sekar Taman Penasar Basugita, Banjar Kedaton ini merupakan Duta Kota Denpasar dalam ajang Lomba Taman Penasar serangkaian Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI tahun 2024.

Pembinaan ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan Duta Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB XLVI Tahun 2024. Sebagai bentuk dukungan, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, secara simbolis menyerahkan dana pembinaan kepada Taman Penasar Sekar Taman Penasar Basugita.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa hadir didampingi oleh Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Ketut Budha, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Purwantara, dan Camat Denpasar Timur, Ketut Sri Karyawati. Turut hadir pula tokoh masyarakat setempat.

Wawali Arya Wibawa memberikan apresiasi atas komitmen dan dedikasi Taman Penasar “Sekar Taman Penasar Basugita” dalam melestarikan seni budaya Bali. Taman Penasar  merupakan kesenian yang menggabungkan beberapa unsur seperti tembang pupuh, peneges, penegteg pabligbagan dan iringan musik dengan instrumen geguntangan yang mendominasi.

“Taman Penasar ini memiliki ciri khas dan pakem tersendiri yang harus terus dilestarikan. Kami berharap Taman Penasar Sekar Taman Penasar Basugita dan Duta Kesenian Kota Denpasar lainnya yang akan berlaga di PKB nanti agar dapat menjaga kesehatan, serta mempertahankan pakem dan ciri khas, sehingga saat tampil nanti dapat memberikan hasil yang maksimal,” ungkap Arya Wibawa.

Sementara itu, Koordinator Taman Penasar, Made Sudiatmika S.Sn, merasa bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan Pemerintah Kota Denpasar untuk tampil di ajang PKB Tahun 2024.

“Kami telah melakukan latihan sejak awal Februari, sehingga dalam pembinaan ini kami bisa mempresentasikan secara utuh. Melalui pembinaan ini, kami harapkan Sekar Taman Penasar Basugita bisa menampilkan yang terbaik sebagai Duta Kota Denpasar,” harapnya.

Taman Penasar “Sekar Taman Penasar Basugita” akan menampilkan cerita berjudul “Ceraken” dalam ajang PKB nanti. Judul yang diangkat ini tentunya telah disesuaikan dengan tema PKB XLVI yakni “Jana Kerthi Pramaguna Wikrama” yang berarti “Harkat Martabat Manusia Unggul”.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!